Advertiser

Pengertian Dan Pentingnya Globalisasi Bagi Indonesia


PENGERTIAN DAN PENTINGNYA GLOBALISASI BAGI INDONESIA

Setiap bangsa di dunia dewasa ini tidak dapat terlepas satu dengan yang lain. Oleh karena itu satu sama lain harus melakukan kerjasama guna mencapai tujuan bangsa tersebut. Globalisasi merupakan salah satu hal yang harus dihadapi oleh berbagai macam bangsa yang ada di dunia. Pada Artikel ini kita diajak untuk mengkaji berbagai materi globalisasi, sehingga kalian dapat : menjelaskan pengertian dan pentingnya globalisasi; mendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan internasional di era global; mendeskripsikan dampak globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara; dan menampilkan peran serta dalam berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa.

A. MAKNA GLOBALISASI
Globalisasi berasal dari kata "globe" yang memiliki sebuah arti Dunia. Makna Globalisasi adalah proses mendunia, menuju satu dunia. Dalam bahasa inggris global diartikan sebagai concerning the whole earth maksudnya ialah segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia internasional atau seluruh dunia. Sesuatu bisa berupa masalah, kejadian atau sikap yang sangat berpengaruh dalam kehidupan yang sangat kompleks dan luas.

Berikut ini adalah beberapa pendapat para ahli tentang Globalisasi.

  1. Prof. Dr. Murbyiarto - Globalisasi memiliki dua pengertian, pertama sebagai deskripsi atau definisi yaitu proses menyatunya pasar dunia menjadi tunggal. Kedua sebagai "Obat Kuat" yang menjadikan ekonomi lebih efisien dan lebih sehat menuju kemajuan masyarakat dunia.
  2. Prijino Tjibto Herjanto - Globalisasi adalah pengertian ketiadaan batas antar negara. Bahwa suatu negara tidak dapat membendung  "sesuatu" yang terjadi di negara lain.
  3. Martin Albrown - Globalisasi menyangkut proses dimana penduduk dunia terhubung ke dalam komunitas dunia yang tunggal, komunitas global. Pengertian Globalisasi yang dikemukakan para ahli dari disiplin ilmu yang berbeda-beda sudut pandang dan pendekatan yang beragam.
  4. R. Robertson - Globalisasi adalah proses mengecilnya dunia dan meningkatkan kesadaran akan dunia sebagai satu kesatuan, kesaling tergantungan dan kesadaran global akan dunia yang menyatu di abad ke-20.
Globalisasi dapat diartikan sebagai "tindakan" mendunia. Artinya, dunia yang begitu luas dan jarak antar negara yang begitu jauh, kini di kerutkan atau dibuat seakan-akan menjadi kecil seolah-olah tidak ada lagi batas-batas geografis antar negara yang satu dengan negara lainnya.

Globalisasi adalah merupakan suatu proses pengintegrasian manusia dengan segala macam aspek kehidupan ke dalam satu kesatuan masyarakat yang utuh dan yang lebih besar dalam kehidupan internasional.

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB GLOBALISASI
Globalisasi terjadi akibat perkembangan kebutuhan dan kemajuan IPTEK yang dicapai manusia. Dimulai dari mengenal perdagangan antar negara yang terjadi sekitar tahun 1000M sampai dengan 1500M. Perdagangan Cina dan India menelusuri negara lain menggunakan teknologi transportasi sederhana melalui jalan darat (Jalan Sutra) maupun laut. Fase selanjutkan ditandai dengan di dominasinya perdagangan kaum muslim di asia dan afrika mereka membentuk area perdangangan yang meliputi wilayah China, Jepang, Vietnam, Indonesia, Malakai, India, Persia, Pantai Afrika Timur, Laut tengah, Venesia, dan Genoa.

Peristiwa-peristiwa dalam sejarah dunia yang meningkatkan proses globalisasi antara lain :

  1. Ekspansi eropa dengan navigasi perdangan.
  2. Revolusi industri yang mendorong pencarian pasar kecil industri
  3. Pertumbuhan kolonialsisme dan imperialisme.
  4. Pertumbuhan kapitalisme.

Selanjutnya ditandai dengan kemajuan teknologi  dan industri di dunia barat oleh bangsa Spanyol, Portugis, Belanda. Dengan ditemukannya alat transportasi seperti kereta api, kemudian mesin cetak, kompas, listrik, dan mesin UAP.

Beberapa ciri yang menunjukkan semakin berkembangnya fenomena globalisasi

  1. Perubahan dalam konsep ruang dan waktu.
  2. Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantungan.
  3. Meningkatkan masalah bersama misalnya lingkungan hidup, krisis multinasional, dan inflasi regional.

Bentuk-bentuk globalisasi dapat kita lihat melalui 

  1. bidang ekonomi. Munculnya perusahaan multinasional yang memproduksi dan menjual produk secara internasional, mencari keuntungan yang kompetitif dab memaksimalkan laba. 
  2. Bidang budaya terjadi difusi (perembasan) dan asimilasi (penyesuaian) budaya contohnya adalah gaya hidup dan makanan.Arti penting globalisasi bagi bangsa indonesiaDalam bidang ekonomi globalisasi berperan membuka jaringan internasional bagi hasil produksi dalam negeri.
  3. Dalam bidang politik. Memungkinkan indonesia menjadi bagian dari perkembangan politik global.
  4. Dalam bidang pendidikan. Menyamaratkan penyebaran ilmu pengetahuan di seluruh negara indonesia dengan cepat.

Globalisasi mempunyai suatu arti yang sangat penting bagi perkembangan dan kemajuan bangsa dan negara kerjasama dengan negra lain, membuka diri dengan negara lain akan mengetahui posisi negara kita dibanding dengan negara lain didunia. Dengan mengetahui kekurangan-kekurangan sehingga dapat memperbaiki diri dengan belajar dari negara lain yang lebih maju. Sebagai bangsa indonesia harus tetap berpegang teguh pada nilai-nilai pancasila bersumber dari agama dan adat istiadat yang diganti dengan bumi indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel