Advertiser

10 Tips Menghilangkan Bau Pada Mulut


10 Tips Menghilangkan Bau Pada Mulut
Bau mulut dapat terjadi ketika kita selesai atau sesudah makan dan minum sesuatu yang bau seperti petak dan jengkol. Contoh 2 makanan itu tidak hanya membuat bau pada mulut melainkan juga membuat bau pada gas yang berasal dari dalam perut ( kentut ). Bau mulut dapat mengganggu suatu aktivitas karena hilangnya kepercayaan pada diri seseorang. Ada beberapa cara dengan cepat yang dapat kamu lakukan, apa saja itu?

Penyebab bau mulut biasanya disebabkan oleh beragam hal kesehatan. Selain masalah kesehatan, bau mulut juga bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok, kurangnya menjaga kebersihan mulut, makanan atau minuman tertentu, dan diet yang berlebihan. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan bau mulut, di antaranya:
  1. Minum Air Putih yang Cukup. Cara menghilangkan mau mulut dengan cepat dapat dilakukan dengan minum air putih yang cukup pada setiap harinya. Mulut akan terasa kering dan berbau tidak sedap ketika tubuh kekurangan cairan. Air putih dapat menjaga kelembapan mulut dan membilas bakteri penyebab bau mulut. Kamu juga harus selalu minum air putih yang banyak setelah makan, hal ini bertujuan agar dapat membilas sisa-sisa makanan yang masih tertinggal di mulut.
  2. Seringlah untuk Menyikat Gigi. Parasit penyebab bau di dalam mulut dapat kamu bersihkan dengan rajin menggosok gigi. Kotoran yang menumpuk di dalam gigi akan mengumpulkan bakteri penyebab bau mulut. Rajin sikat gigi setidaknya satu kali sehari dan jangan terlalu berlebihan.
  3. Cuci Mulut dengan Obat Kumur. Mencuci mulut dengan obat kumur dapat kamu gunakan untuk menghilangkan bau mulut. Selain itu menggunakan obat kumur juga dapat menyegarkan napas dan memberikan perlindungan ekstra untuk membasmi bakteri dalam mulut. Kamu dapat menggunakannya setiap hari agar menjaga tidak terjadinya bau mulut.
  4. Membersihkan Lidah setelah makan atau minum. Lidah dapat menjadi tempat berkumpulnya bakteri penyebab bau mulut. Kamu dapat membersihkan lidah secara perlahan ketika sedang menggosok gigi untuk membantu mencegah munculnya bau mulut.
  5. Makan Permen atau Permen Karet. Permen atau permen karet merupakan cara menghilangkan bau mulut dengan cepat yang bisa kamu lakukan. Cara ini dapat kamu gunakan ketika berada dalam keadaan genting yang membuat kamu tidak sempat membersihkan rongga mulut.
  6. Makan Buah atau Sayur. Selain permen, kamu dapat memakan buah atau sayuran untuk penghilang bau seperti kulit jeruk, lemon, dan peterseli. Mengonsumsi kulit jeruk dan lemon mampu merangsang keluarnya air liur di mulut. Air liur tersebut yang mampu membantu menghilangkan bau di mulut.
  7. Tidak Merokok atau berhenti merokok. Cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya adalah dengan menghindari rokok. Merokok memiliki banyak efek yang buruk pada tubuh termasuk dapat merusak gusi dan gigi sehingga dapat menyebabkan bau pada mulut.
  8. Kurangi atau Hindari Konsumsi Alkohol. Mengonsumsi alkohol menjadi salah satu penyebab terjadinya bau mulut. Alkohol memiliki efek yang tidak baik bagi tubuh. Efek minum alkohol yang paling ringan yaitu membuat mulut menjadi kering dan bau.
  9. Periksa Kesehatan Gigi. Rajin lah anda dalam memeriksa kesehatan pada gigi yang dapat menjadi cara mencegah terjadinya bau mulut. Gigi dan gusi yang sehat akan menjaga bakteri tidak berkembang di dalam mulut dan membuat mulut tidak bau.
  10. Rajin Membersihkan Gigi Palsu. Gigi palsu dapat menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Lepas dan bersihkan gigi palsu dengan rutin, hal ini bertujuan agar bakteri tidak berkembang biak di gigi palsu tersebut.
Selain cara yang sudah saya sebutkan diatas, perhatikan juga apa yang kamu konsumsi pada setiap harinya. Hindari memakan makanan yang berbau menyengat terlalu banyak. Mengonsumsi makanan yang sehat dan makan teratur juga bisa membantu menghilangkan bau pada mulut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel