Advertiser

Pengertian Resensi, Jenis Dan Struktur Resensi


Pengertian Resensi, Jenis Dan Struktur Karya Resensi secara lengkap akan saya bahas di dalam situs saya yaitu ayokmoco.com, pembahasan ini sudah saya tulis sesuai dengan buku paket pendidikan Bahasa Indonesia ( Seri Pendalaman Materi ) SPM untuk SMK/MAK Tahun Ajaran 2017/2018. 

Resensi berasal dari bahasa Latin recensio, recensere atau juga revidere yang artinya mengulas kembali. Resensi adalah suatu penilaian terhadap sebuah karya  (Karya yang dinilai dapat berupa buku dan karya seni film dan drama).  Menulis resensi terdiri dari kelebihan, kekurangan dan informasi yang diperoleh dari buku dan disampaikan kepada masyarakat.

Kata Kunci Pencarian Rangkuman Resensi

  1. Apa yang dimaksud Resensi?
  2. Sebutkan Manfaat Resensi?
  3. Apa Tujuan Penulisan Resensi?
  4. Apa saja jenis Resensi?
  5. Sebutkan langkah-langkah menulis Resensi?
  6. Sebutkan struktur resensi buku yang tepat?
Pengertian Resensi
Dalam Secara etimologi, kata resensi berasal dari bahasa latin, yaitu dari kata kerja revidere atau recensere yang mempunyai arti melihat kembali, menimbang atau menilai. Dalam bahasa Belanda dikenal dengan kata recensie sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal dengan kata review.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonsia, resensi yaitu sebagai suatu pertimbangan atau pembicaraan tentang buku dan sebagainya. Secara garis besar resensi diartikan yaitu sebagai kegiatan untuk mengulas atau menilai suatu hasil karya baik itu berupa buku, novel, ataupun film dengan cara dalam memaparkan data-data, sinopsis, dan kritikan terhadap suatu karya tersebut.


Resensi adalah tulisan yang isinya menimbang atau menilai sebuah karya yang dikarang atau dicipta orang lain. Bisa juga dikatakan resensi adalah tulisan atau informasi yang membahas, mengulas, dan memberi pertimbangan mengenai karya orang lain tentang kelemahan, keunggulan, dan kelayakan buku tersebut dibaca oleh pembaca, pendengar, atau penonton. Karya yang dinilai dalam tulisan resensi meliputi buku, film, teater, lagu, dan semacamnya.

Pengertian Resensi Menurut Para Ahli

  • WJS. Poerwadarminta (dalam Romli, 2003:75)
Menurut WJS. Poerwadarminta menyatakan bahwa resensi ialah sebagai suatu pertimbangan atau perbincangan tentang sebuah buku yang menilai kelebihan atau kekurangan buku tersebut, menarik-tidaknya tema dan isi buku, kritikan, dan memberi suatu dorongan kepada khalayak tentang perlu tidaknya buku tersebut dibaca dan dipunyai atau dibeli. Perbincangan buku tersebut dimuat di surat kabar atau majalah.
  • Dalam buku Bahasa dan Sastra Indoneisa (yang ditulis Euis Sulastri dkk)
Kata resensi berasal dari bahasa Belanda, resentie, yangartinya suatu kupasan atau pembahasan. Jadi, pengertian resensi yaitu suatu kupasan atau pembahasan tentang buku, film, atau drama yang biasanya disiarkan melalui suatu media massa, seperti surat kabar atau majalah.
  • Saryono (1997:56)
Menurut Saryono menyatakan bahwa Resensi ialah sebagai suatu tulisan berupa esai dan bukan merupakan bagian sebuah ulasan yang lebih besar mengenai sebuah buku. Isinya yaitu laporan, ulasan, dan pertimbangan baik-buruknya, kuat-lemahnya, bermanfaat-tidaknya , benar-salahnya, argumentatif- tidaknya buku tersebut. Tulisan tersebut didukung dengan suatu ilustrasi buku yang diresensi, baik berupa foto buku atau foto copi sampul buku.

Tujuan dari penulisan resensi adalah mengomunikasikan penilaian yang sudah di timbang masak-masak kepada pembaca agar mereka memutuskan ingin membaca buku tersebut atau tidak.

Jenis Resensi secara umum terbagi menjadi tiga jenis yaitu sebagai berikut.

  1. Resensi DeskriptifResensi jenis ini mengambarkan dan menjelaskan tentang karya seseorang secara menyeluruh, baik dari segi isi, penulisan, penciptanya (kreator). Resensi deskriptif ini tidak sampai pada penilaian kritik (bagus/tidak) si penulis terhadap karya yang di resensi. 
  2. Resensi Deskriptif-Evaluatif. Resensi jenis ini tidak hanya mengambarkan, tetapi menilai sebuah karya secara keseluruhan dengan kritis dan argumentatif. Terdapat simpulan pada akhir resensi, apakah karya yang si resensi layak atau tidak kualitasnya.
  3. Resensi Deskriptif-Komparatif. Resensi jenis ini mencoba penilaian pada sebuah karya dengan cara membandingkan karya orang lain yang memiliki kesamaan atau keterkaitan secara isi dan materi.
Struktur Pada Karya Resensi
  1. Identitas. Pada bagian ini dicantumkan identitas karya atau karangan yang diresensi. Identitas meliputi judul karangan, pengarang, penerbit, kota penerbit, tahun penerbit, tebak buku (jumlah halaman), dan harga buku.
  2. Sinopsis. Pada bagian ini dicantumkan ringkasan karangan. Karya yang di resensi biasanya dipilih jenisnya, buku fiksi atau nonfiksi, kemudian dibuat sinopsisnya yang berisi pokok-pokok isi buku.
  3. Ulasan. Bagian ini berisi bahasan, ulasan, atau pertimbangan mengenai buruk atau baiknya sebuah buku.
  4. Penutup. Bagian ini biasanya berisikan tentang kesimpulan dan saran-saran yang mungkin bisa ditambahkan atau dikurangi demi keterbacaan buku atau karya lain.
Manfaat Menulis Resensi Adalah Sebagai Berikut.
  1. Latihan mengapresiasi sebuah tulisan, dengan elemen-elemennya.
  2. Sebagai sarana latihan menulis agar lebih baik.
  3. Sebagai pengingat buku apa saja yang telah kamu baca.
  4. Sebagai pembelajaran untuk mentranskripsi teks yang sangat kompleks menjadi teks lebih singkat
  5. Sebagai upaya memahami isi sebuah buku.
Langkah-langkah Dalam Menulis Resensi Adalah Sebagai Berikut.
  1. Tentukan buku yang akan di resensi.
  2. Baca dua atau tiga kali sehingga paham isinya.
  3. Catatlah isi pokok-pokok buku yang dibaca.
  4. Catatlah kelebihan dari buku-buku tersebut.
  5. Catatlah kekurangan dari buku tersebut.
  6. Menyimpulkan dan memberi saran pada buku.
  7. Mulai menulis dan menyusun resensi.
Resensi tidak hanya untuk mencari kelemahan buku, tetapi resensi sangat bermanfaat untuk belajar bernalar, mengingat buku yang dibaca, dan mengapresiasi karya orang lain. Bahkan resensi sangat bermanfaat untuk memahami isi buku.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel