Tips Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-pecah Saat Berpuasa


Tips Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-pecah Saat Berpuasa
Cuaca yang panas dan dehidrasi dapat menimbulkan bibir kering saat puasa. Tetapi minum air bukanlah pilihan yang dapat dilakukan. Apakah terdapat pilihan lain selain meminum air?

Bibir yang sehat dan lembap tentu akan terasa lebih nyaman dan lebih menarik untuk dilihat, namun ada banyak faktor yang dapat menyebabkan gangguan pada bibir, terutama bibir yang kering atau tampak pecah-pecah. Beberapa di antaranya adalah karena kondisi lingkungan seperti cuaca atau suhu ruangan, kondisi tubuh yang sedang mengalami penyakit tertentu, atau kebiasaan buruk.

Kondisi bibir kering atau bibir pecah-pecah, menandakan bibir sedang kurang lembap. Terlebih, bibir tidak memiliki kelenjar minyak seperti kulit pada tubuh bagian lainnya, sehingga bibir tidak dapat melumasi diri sendiri. Anda pun harus lebih memerhatikan perawatan bagian ini agar tetap sehat.

Tentu saja ada! Jangan biarkan bibir kering merusak puasamu. Terapkanlah tips-tips mengatasi bibir kering saat puasa di bawah ini!
  • Jangan menjilat bibir. Menjilat bibir tidak akan mengatasi masalah bibir kering saat puasa. Alih-alih, bibir akan bertambah kering. Air liur yang mengering pada bibir akan mengurangi kelembapan bibir. Saat menguap, air liur akan menarik cairan di permukaan bibir.
  • Pilihlah pelembap bibir yang tepat. Pelembap bibir selalu menjadi solusi andalan jika bibir kering saat puasa. Namun, tahukah kamu kalau bahan-bahan tertentu yang terkandung dalam pelembap bibir dapat membuat bibir menjadi lebih kering?. Beberapa kandungan, seperti kamper, mentol, dan fenol dapat mengeringkan bibir. Meskipun mentol dan kandungan mint mungkin menimbulkan sensasi dingin, tetapi kandungan tersebut dapat membuat bibir jadi lebih kering dari sebelumnya.. Pelembap yang memiliki rasa dan aroma juga dapat menimbulkan bibir kering saat puasa. Carilah kandungan dalam pelembap bibir yang dapat menenangkan dan melembapkan bibir, seperti lanolin, ceramide, petroleum, dan beeswax.. Oleskan pelembap bibir sebanyak enam sampai delapan kali sehari, jadi bawalah pelembap bibir di mobil, tas, ataupun meja kerja. Sebelum kamu menggunakan lipstik ataupun lip gloss gunakanlah pelembab bibir terlebih dahulu.
  • Gunakan pelembab ruangan (humidifier). Tidak hanya cuaca panas, udara sekitar yang kering dapat membuat bibir kering saat puasa. Pelembap ruangan dapat membantu untuk menambah cairan di udara agar kulit tetap terhidrasi.
  • Gunakan petroleum jelly, bahan yang dapat dioleskan pada permukaan kulit ini, bermanfaat melindungi kadar cairan pada permukaan kulit. Dengan demikian, kulit akan terjaga kelembapannya sekaligus membantu proses penyembuhan apabila terjadi luka pada kulit tersebut. Caranya cukup mudah, yaitu oleskan petroleum jelly pada bibir secara teratur.
Jika bibir Anda termasuk sensitif, hindari terpapar alergen yang dapat memicu kambuhnya alergi. Salah satu contoh alergen adalah produk kosmetik yang mengandung wewangian atau bahan kimia tertentu

Kamu dapat menggunakan pelembap ruangan saat sedang bekerja ataupun saat sebelum tidur agar kulit dapat menjadi lembap kembali.

Jika Anda mengalami kondisi gangguan pada bibir yang cukup serius, dan tidak kunjung membaik, maka ada baiknya bila Anda memeriksakan diri pada dokter, karena mungkin ada penyebab lain yang mendasarinya dan membutuhkan penanganan lebih lanjut. Seperti yang kita ketahui, merawat dan mencegah jauh lebih baik daripada mengobati, jadi ada baiknya untuk lebih memerhatikan dan tidak mengabaikan kesehatan bibir.

0 Response to "Tips Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-pecah Saat Berpuasa"

Post a Comment

Ingin Berdonasi Kepada Kami? Anda bisa menyalurkan donasi anda melalui PULSA/GOPAY/OVO CASH Kepada Nomor Team Kami Yaitu ( 6283-857-218-247 ) "Ayokmoco.com"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel