Popular Posts

Tips Berhijab Yang Tak Bikin Ketombean


Bagi Anda perempuan berhijab, pasti pernah mengalami masalah kulit khususnya pada pipi, dagu, dan dahi. Tiga daerah di wajah tersebut umumnya bersinggungan dengan bagian sisi hijab yang terkadang berjerawat dan muncul beruntusan. Bahkan tak jarang warna kulitnya juga berbeda alias belang.

Bukan cuma kulit wajah, namun rambut yang ditutupi hijab juga kadang bermasalah, seperti rontok dan juga kusut. Kondisi tersebut bukan hanya diatasi dengan berbagai perawatan kulit ataupun penggunaan produk kecantikan. Namun juga harus memperhatikan bahan hijab yang bisa dipakai.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips memilih bahan hijab yang tak bikin jerawatan dan ketombean dan nyaman untuk dipakai :
  • Hijab dari kain yang mampu menyerap air
Salah satu penyebab timbulnya jerawat ataupun beruntusan pada kulit wajah yang bersinggungan dengan hijab, salah satunya karena bahan hijab yang dipakai tidak bisa menyerap air. Sehingga bahan hijab yang dianggap cocok adalah hijab yang berasal dari kain katun 100 persen.

Bahan hijab yang tidak mampu menyerap air akan membuat kulit makin berjerawat jika kulit Anda berminyak. Akibat dari kulit berminyak akan menimbulkan bakteri pada wajah yang memicu timbulnya jerawat. Dengan memakai hijab dari bahan katun yang mampu menyerap air, jerawat bisa Anda hindari.
  • Memilih bahan hijab yang membuat rambut masih bisa bernapas
Selain bahan hijab yang mampu menyerap air, memilih bahan hijab juga perlu mempertimbangkan kesehatan rambut. Diantaranya, pilihlah bahan yang memberikan ruang untuk rambut bernapas, jika rambut tak bisa bernapas, maka ketombe dan bau akan muncul.
  • Gunakan sampo dengan sedikit pelembap
Setelah Anda memilih bahan hijab yang sesuai dan tak bikin berjerawat ataupun ketombean, Anda perlu melengkapinya dengan menggunakan sampo dengan sedikit pelembab. Pilihlah sampo anti-lepek yang sangat cocok untuk perempuan berhijab.

Penggunaan sampo yang mengandung banyak pelembab yang mampu membuat rambut dan kulit kepala lebih lembab, justru dapat menimbulkan masalah ketombe dan kadang bisa membuat rambut menjadi bau jika digunakan oleh perempuan berhijab.
  • Gunakan Ciput Pendukung Hijab
Penting memakai ciput agar rambutmu gak berantakan atau keluar saat berhijab. Banyak sekali ciput yang dapat kamu pilih dengan menyesuikan hijab yang kamu pakai. Pilihlah model ciput yang simpel seperti bandana. Jika gak ada keperluan khusus, hindari memakai ciput ninja karena dapat membuat kepala kurang nyaman dan mudah berkeringat.
  • Berhijablah dalam keadaan rambut kering
Jika rambutmu basah, tunggulah beberapa saat agar kering sebelum berhijab. Memakai hijab dalam keadaan rambut basah akan terasa gak nyaman, membuat rambut lepek hingga menyebabkan kepala pusing. Gunakanlah pengering rambut jika kamu ingin segera memakainya.
  • Ikatlah rambut saat berhijab
Jangan lupa untuk mengikat rambutmu sebelum berhijab. Membiarkan rambut tergerai saat berhijab akan membuat kepalamu terasa gerah. Rambutmu pun akan menjadi berantakan dan mudah keluar. Hal ini menyebabkan kamu gak nyaman berhijab ketika menjalankan aktivitas sehari-hari.

Nah, itulah tips memilih bahan hijab yang bisa menghindarkan Anda dari masalah kulit seperti jerawat dan juga masalah rambut seperti ketombe dan bau. Selain bahan hijab yang perlu diperhatikan, Anda juga sebaiknya memperhatikan penggunaan sampo yang cocok untuk rambut Anda yang sering tertutup hijab.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Berhijab Yang Tak Bikin Ketombean"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hubungi Kami