Artikel Pilihan Pembaca

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK )

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK ) Di kalangan ilmuwan ada keseragaman pendapat, bahwa “ilmu” itu selalu tersusun dari pengetahu...

Sebentar Lagi WNI, Fabiano Beltrame Minta Ajari Anaknya Lagu Indonesia Raya


Bek anyar Persib Bandung berdarah Brazil Fabiano Beltrame sempat was-was lantaran status naturalisasi yang diusahakannya mengalami berbagai kendala. Rasa khawatir Fabiano dan banyak bobotoh lantaran pendaftaran pemain Liga 1 kian mepet yakni dilakukan 9 Mei 2019.

Selain itu sempat tersiar kabar bahwa posisi Fabiano Beltrame di Persib Bandung kian terancam usai manajemen Maung Bandung mengumumkan rekrutan ternayar asal Slovenia yaitu Rene Mihelic pada minggu ini. Bergabungnya Rene Mihelic membuat komposisi pemain asing di Persib Bandung melebihi kapasitas.

Namun tampaknya kekhawatiran Fabiano gagal menyandang status WNI (Warga Negara Indonesia) bersama Persib Bandung tidak terbukti. Fabiano Beltrame bisa bernafas lega lantaran pendaftaran pemain lokal baru akan berakhir pada 23 Mei 2019.

Fabiano Beltrame mengharapkan agar proses naturalisasi yang tinggal mengambil sumpah dihadapan presiden tersebut bisa segera terealisasikan sehingga bisa tetap membela Persib Bandung di kompetisi Liga 1 musim 2019.

"Saya lihat kemarin untuk pemain lokal masih ada sampai tanggal 23 kita masih kerja masih 2 minggu semoga surat itu keluar dan saya bisa main," tutur Fabiano Beltrame seusai menjalani latihan di Lapangan Sabuga, Kota Bandung, Kamis 9 Mei 2019.

Proses naturalisasi yang sudah mencapai tahap akhir ini diakui Fabiano memiliki beberapa syarat. Salah satu yang wajib adalah harus bisa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Sudah menetap di Indonesia selama 14 tahun, Fabiano Beltrame menuturkan bahwa baru satu bulan ini dia benar-benar menghafalkan lagu Indonesia Raya. Selain menghafal sendiri, mantan pemain Persija itu juga turut terbantu dengan anaknya yang sudah hafal, sehingga dia bisa meminta untuk diajari.

"Saya sudah satu bulan yang lalu belajar, dulu sering dengar pas pertandingan, terus anak saya juga di sekolah kadang-kadang perlu dia ajari saya, tidak ada masalah saya 14 tahun di sini saya paham banyak soal Indonesia," katanya.

Terganjalnya status naturalisasi ternyata bukan hanya dirasakan oleh Fabiano beltrame. Beberapa pemain lain yang tengah melakukan proses naturalisasi juga harus tetap bersabar sebelum dinyatakan sah menjadi WNI. Kompatriotnya asal Brazil yaitu Octavio Dutra juga masih menunggu pengambilan sumpah dihadapan presiden Repubilik Indonesia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel