Pengertian Privacy Policy


Pengertian Privacy Policy
Privacy Policy adalah kebijakan privasi yang sengaja di buat oleh seseorang yang memiliki blog / website agar para pengunjungnya mengetahui ketentuan serta kebijakan yang telah dibuat pada blog tersebut. dengan demikian pengunjung blog akan mematuhi peraturan dan ketentuan pada blog tersebut.

Kebijakan pripasi ini adalah salah satu hal yang harus di pasang pada blog / website, dan sangat di butuhkan jika anda ingin mendaftarkan blog anda di google adsense atau pun iklan-iklan PPC lainya. kebijakan pripasi ini adalah syarat yang sangat penting jika anda ingin mendaftarkan blog anda sebagai publisher adsense. banyak orang yang mendaftar di google adsense namun mereka malah ditolak mentah-mentah oleh adsense. sebenarnya itu semua karena keteledoran mereka sendiri, salah satunya yaitu karena tidak memasang kebijakan pripasi seperti ini.

Apakah jenis situs yang memerlukan kebijakan privasi? Semua situs blog/web atau layanan yang mengumpulkan data dari pengguna, melacak pengguna dengan analisis, atau menampilkan iklan membutuhkannya. Bagi pemilik jenis blog/web dengan tujuan apapun sangat penting untuk memiliki halaman yang berisikan tentang kebijakan privasi (privacy policy). Kebijakan privasi ini secara teknis adalah dokumen hukum, upaya besar harus dilakukan untuk menyusun dokumen kebijakan ini agar tercipta dokumen yang akurat dan mudah dimengerti, dan tanpa ada hal yang tersembunyi. Ini berisi rincian informasi tentang pandangan dan prosedur situs blog/web Anda pada informasi yang dikumpulkan dari pengunjung. Dan dibawah ini adalah penjelasan lengkap mengenai alasan kenapa Anda sebagai pemilik blogger/website harus memiliki Kebijakan Privasi yang harus terpasang pada blogger/website Anda.

Mengapa Setiap blogger/Website harus terdapat Kebijakan Privasi (privacy policy) Kebijakan Privasi tidak hanya penting bagi pemilik blogger/website namun lebih penting lagi bagi pengguna Karena pentingnya untuk melindungi informasi pribadi mereka secara online. Meskipun Anda hanya memiliki sebuah blog sederhana, dan hanya mengumpulkan alamat email pelanggan untuk newsletter bulanan, akan sangat penting untuk memberitahu pengguna mengenai informasi apa yang Anda kumpulkan di blog, dan bagaimana informasi pengguan tersebut akan digunakan, dan siapa yang akan memiliki akses ke informasi tersebut. Semua hal tersebut harus terdapat dalam isi kebijakan privasi.

Melihat pentingnya Kebijakan privasi seperti yang sudah saya jelaskan diatas, sekarang saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara cepat dan mudah untuk membuat kebijakan privasi (Privacy Policy) untuk website atau blog Anda. Untuk membuatnya mari kita manfaatkan website yang menyediakan layanan untuk membuatkan dokumen privacy policy.

Privacy Policy juga memberikan bukti tentang siapa pemilik blog atau web tersebut, jika suatu ketika ada seorang pengunjung blog atau web tersebut ingin menanyakan hal hal yang berkaitan dengan situs tersebut dapat dengan mudah menemukan siapa pemilik web atau blog tersebut, dan masih banyak lagi fungsinya. Dengan adanya privacy policy di dalam blog, maka secara tidak langsung situs tersebut akan terlihat lebih profesional. Bahkan Google Adsense serta juga situs periklanan lainnya membutuhkan adanya halaman ini untuk memperkuat peninjauan supaya jauh lebih meyakinkan .

Disclaimer juga menjadi sangat penting, hal ini bisa menjadi pelindung Anda dan membatasi kewajiban Anda atas complain atau tuntutan yang muncul atas isi web atau blog Anda. Yang didalamnya mencakup syarat syarat bagi seorang visitor dalam mengakses dan menggunakan informasi yang telah Anda berikan melalui konten atau Artikel Anda, serta menjelaskan apa saja kewajiban Anda. Halaman Disclaimer ada juga yang menyebutnya dengan Terms of Use.

Perbedaan Privacy Police Dan Disclainer
  1. Disclaimer berhubungan dengan hak cipta, kalau Anda mempunyai blog atau web kemudian ada yang melakukan tindakan kriminal (melakukan copas atau duplikat konten) Anda bisa melakukan claim atas perlakuan kriminal tersebut.
  2. Privacy Policy berhubungan dengan jaminan keamanan privasi user yang menggunakan software web atau blog milik Anda.

Demikian pengertian dan fungsi privacy policy yang bisa saya share. Semoga apa yang saya share bisa dimengerti. Jika terdapat kekurangan atau kesalahan dalam cara menyampaikan saya mohon maaf. Silahkan berikan saran Anda melalui kotak komentar yang telah saya sediakan. Atau Anda bisa mengirimkan saya email melalui halaman Contact yang telah saya sediakan. Nice Share dan Salam Blogger.

Kesimpulan : Privacy Policy bertujuan untuk memberikan pernyataan resmi mengenai keamanan informasi pengunjung yang dikirimkan ke suatu blog. Biasanya untuk mendaftarkan program PPC (iklan) diperlukan yang namanya Privacy Policy untuk menguatkan kredibilitas suatu blog. Sekian.

0 Response to "Pengertian Privacy Policy"

Post a Comment

Ingin Berdonasi Kepada Kami? Anda bisa menyalurkan donasi anda melalui PULSA/GOPAY/OVO CASH Kepada Nomor Team Kami Yaitu ( 6283-857-218-247 ) "Ayokmoco.com"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel