Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan


Jahe adalah salah satu herbal paling sehat dan paling bermanfaat. Ada beberapa jenis jahe yang sering ditemukan di pasaran. Salah satunya adalah jahe merah.

Jahe merah agak berbeda dengan jenis jahe lainnya. Selain warna kemerahan, ia juga lebih sering digunakan untuk obat-obatan daripada sebagai bumbu masakan dan memiliki rasa yang lebih tajam dibanding jahe lainnya.

Jahe merah mengandung banyak  minyak esensial dan senyawa yang berguna seperti shogaol, gingerol, zingeron, dan banyak lagi.

Dengan begitu banyak zat aktif yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit, tak heran jahe merah adalah ramuan yang sangat populer. Berikut 11 manfaat jahe merah yang wajib Anda ketahui.
  • Menurunkan berat badan
Jahe merah dapat digunakan untuk menurunkan berat badan seseorang karena kehangatan yang ditimbulkan oleh jahe. Tidak hanya itu, jahe juga mengandung sedikit kalori sehingga tidak bisa menyebabkan penambahan berat badan. Manfaat jahe merah untuk diet ini bisa Anda dapatkan dengan meminum air jahe merah secara teratur. Jahe merah dapat membantu membakar lemak di perut dan mengurangi nafsu makan.
  • Cegah kanker usus
Jahe merah memiliki kandungan yang bermanfaat untuk usus. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika membuktikan bahwa orang yang rajin mengonsumsi makanan atau minuman yang terbuat dari jahe merah dapat terhindar dari kanker usus besar.
  • Obat sakit kepala
Kandungan kamfena dan rasa khas jahe merah serta efek hangat yang dihasilkan dapat membuat seseorang lebih rileks dan nyaman. Itu sebabnya jahe merah sering digunakan sebagai obat sakit kepala alami. Untuk meredakan sakit kepala dengan jahe merah caranya sangat mudah. Minumlah air seduhan jahe merah atau hirup aroma jahe merah yang telah dipotong-potong.
  • Menghilangkan jerawat
Tidak hanya untuk kesehatan, jahe merah juga sangat berguna untuk kecantikan. Salah satu manfaat jahe merah untuk kecantikan adalah dapat menghilangkan jerawat. Untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan jahe merah sangat mudah. Jahe yang telah dibersihkan dipijatkan pada wajah dan kemudian tutup wajah dengan irisan jahe merah
  • Jantung yang sehat
Kandungan jahe merah berguna untuk membuang racun dalam tubuh, salah satunya adalah kolesterol jahat dalam darah. Konsumsi jahe merah secara teratur terbukti mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida yang merupakan penyebab utama penyakit jantung.
  • Mengatasi Mabuk Dalam Perjalanan
Jahe merah memiliki sifat anti mual. Karena itu, rimpang ini dapat mengatasi mual saat bepergian jauh. Selain itu, perasaan hangat yang ditimbulkan oleh jahe dapat membuat perut menjadi lebih nyaman dan tidak mudah terserang flu.
  • Untuk masalah pencernaan
Kandungan kimia yang berlimpah dalam jahe merah juga berfungsi untuk mengatasi masalah pencernaan. Karena itu, orang kuno selalu menggunakan jahe merah jika ada masalah dengan pencernaan mereka. Disebutkan pula komponen aktif zingeron pada jahe merah dapat menghambat enzim yang memicu radang pencernaan.
  • Meredakan mual di pagi hari
Morning sickness sering dialami oleh wanita hamil yang masih dalam trimester pertama karena perubahan hormon dalam tubuh. Meskipun morning sickness adalah masalah umum, itu bisa membuat wanita hamil merasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, disarankan untuk mengonsumsi minuman yang terbuat dari jahe.
  • Mengobati alergi
Biasanya, jahe ini digunakan untuk menyembuhkan rasa gatal di kulit. Caranya adalah dengan menempelkan jahe ke kulit yang gatal secara teratur sampai gatalnya hilang.
  • Memperbaiki sistem kekebalan tubuh
Sistem kekebalan yang kuat dibutuhkan oleh tubuh agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang terbuat dari jahe merah.
  • Meredakan sakit tenggorokan
Kandungan minyak atsiri pada jahe merah bermanfaat untuk mengatasi batuk, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Jahe menghasilkan efek hangat sehingga bisa meredakan tenggorokan. Sangat cocok untuk mereka yang menderita sakit tenggorokan atau batuk yang membuat tenggorokan menjadi gatal. Jahe sangat bermanfaat, tetapi perlu dicatat bahwa orang dengan tukak lambung akut tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi jahe merah karena kandungan jahe merah sangat kuat dan bisa menyebabkan perut terbakar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel