Kelebihan Windows 10 Yang Wajib anda Ketahui.


Kelebihan Windows 10 Yang Wajib anda Ketahui.
Munculnya Windows sebagai sebuah operating system (OS) membawa dampak yang sangat signifikan bagi perkembangan teknologi. Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1985 dengan hadirnya Windows 10, dalam perjalanannya OS Windows terus mengalami pengembangan. Pada beberapa waktu lalu, diluncurkan OS Windows generasi baru, yakni Windows 10. Lalu, apa saja kelebihan Windows 10 dibanding versi sebelumnya?

Windows telah mengalami perkembangan dari berbagai generasi, sejak dikembangkan dari sebuah sistem yang bernama MS-DOS. Mulai dari Windows 1.0 yang diluncurkan pada tahun 1985 sampai sekarang ada Windows 10 yang dirilis secara resmi sejak tahun 2015. www.ayokmoco.com

Pada awal munculnya hanya berupa GUI atau tampilan grafis yang sederhana, yaitu pada Windows 1.0, 2.0 dan 3.0, kemudian mulai berkembang dengan munculnya Windows 95 dan 98. Perbaikan berikutnya adalah kemunculan keluarga Windows NT yang diawali dengan Windows 2000 dan Windows ME. Lalu berturut-turut ada Windows XP yang paling banyak digunakan dulunya, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan akhirnya sampai di Windows 10.

Ada sebuah mitos yang beredar di kalangan pengguna OS Windows ini, yaitu bahwa terjadi perulangan antara produk sukses dan gagal untuk setiap generasi OS tersebut, lebih tepatnya sejak kemunculan Windows 2000. Produk Windows 2000 ini terbilang sukses, sedangkan penerusnya yaitu Windows ME dianggap sebagai produk gagal. Lalu berulang pada kesuksesan Windows XP, yang diikuti kegagalan dari Windows Vista. Terulang lagi pada Windows 7 yang menuai sukses, sedangkan Windows 8 dicap gagal.

Hingga sekarang muncul Windows 10 yang sangat sukses dan dianggap perbaikan dari versi-versi sebelumnya. Windows sengaja tidak mengeluarkan yang ke-9 karena angka 9 telah identik dengan Windows 95 dan 98, mereka langsung mengeluarkan versi 10 sebagai penyempurnaan dari OS buatan mereka.

Bagi para pengguna gadget saat ini pasti tidak asing dengan istilah OS atau operating system. Bagaimana tidak, semua gadget seperti laptop, komputer, dan handphone tentunya memiliki OS yang berfungsi sebagai sistem pendukung dan pengatur segala macam fungsi dasar dari gadget tersebut.

Kelebihan Windows 10 adalah sebagai berikut
  • Kompatibel di Semua Perangkat
Kelebihan sekaligus terobosan yang diluncurkan oleh Windows 10 terbaru bisa dilihat dari segi kompabilitas. Dengan kata lain, seluruh softwaremaupun aplikasi dalam Windows 10 bisa dijalankan di semua jenis gadget. Tidak hanya perangkat seperti laptop dan komputer saja, melainkan juga dapat digunakan pada smartphone dan tablet. Hal ini membuat developer dari aplikasi dituntut untuk membuat produk aplikasi yang responsif dan mampu menyesuaikan dengan beragam platform.
  • Fitur Asisten Digital Bernama Cortana
Cortana adalah salah satu fitur baru dari Windows 10. Sebuah asisten digital yang tidak hanya memberikan balasan suara saja, tetapi kita juga bisa memberi perintah dan pertanyaan. Berbagai macam hal yang bisa dilakukan oleh Cortana misalnya menjadi pengingat berdasarkan waktu, tempat atau orang. Bisa juga sebagai pelacak jadwal penerbangan kita. Bisa juga mengirim email atau pesan lainnya. Bahkan Cortana bisa mencari berbagai macam file atau informasi yang kita butuhkan dan membukakan apapun aplikasi yang ada di sistem kita.
  • Free Upgrade
Satu kelebihan lainnya dari Windows 10 adalah fitur upgrade yang gratis bagi para pemilik Windows 7 atau Windows 8, tentunya yang memiliki versi asli dan berlisensi, bukan yang bajakan. Cara upgrade juga cukup mudah, tinggal masuk ke halaman berjudul Windows 10 Free Upgrade, kemudian pilih tombol upgrade dan ikuti langkah demi langkah yang muncul di layar anda.
  • Cocok untuk para gamers
Bagi gamers, laptop maupun komputer dengan OS mumpuni adalah hal yang mutlak. Hadirnya Windows 10 ini seolah menjadi jawaban bagi mereka. Hal ini dikarenakan kelebihan Windows 10 lainnya adalah dilengkapi fitur Game Mode. Menggunakan fitur Game Modememungkinkan penggunanya untuk menyesuaikan sumber daya di CPU dan GPU. Dengan cara ini, pengguna bisa merasakan sensasi bermain game di PC yang tidak kalah keren dengan bermain menggunakan konsol.
  • Tampilan semakin nyaman untuk pengguna
Tidak hanya dari segi fiturnya saja, Windows 10 memiliki kelebihan dari segi tampilan. Ditandai dengan kembalinya tombol ‘Start Menu’ di pojok kiri bawah. Hal ini seolah menjawab kelemahan Windows 8 sebelumnya yang dirasa membingungkan penggunanya, terutama bagi para pengguna Windows 7. Dengan artian, Windows 10 memiliki tampilan seperti Windows 8 dan kemudahan layaknya Windows 7.
  • Fitur continuum
Fitur lain dari Microsoft 10 adalah continuum, yaitu fitur untuk menjadikan smartphone yang menggunakan Windows 10 serasa seperti komputer. Caranya adalah dengan menyambungkan layar external, mouse, dan keyboard ke smartphone yang kita pakai. Namun tentu saja ada beberapa persyaratan bagi smartphone yang ingin memakai fitur tersebut. Spek minimalnya adalah resolusi layar 720p, RAM 2 GB, internal storage 8 GB, Bluetooth 4.0, dan WiFi 802.11n.

Fitur bawaan lainnya yang ada di Windows 10 ialah Windows Store. Dalam Windows Store ini kamu bisa menggunakannya untuk membeli kebutuhan aplikasi pendukung Windows 10 yang bisa digunakan di laptop, komputer, tablet ataupun smartphone. Menariknya, di sini juga kamu bisa mengunduh musik, film dan game. Untuk menunjang kebutuhanmu menggunakan Windows 10, kamu juga perlu memiliki jaringan internet yang mendukung dari penyedia layanan internet di Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel