Jenis Makanan Yang Mengandung Vitamin E Terbanyak


9 Jenis Makanan Yang Mengandung Vitamin E Terbanyak
Tak kalah penting dari vitamin yang lain, vitamin E juga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti efek antioksidannya yang mampu menangkal radikal bebas. Sehingga dapat menjaga tubuh dari penyakit-penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit serangan jantung.

Selain itu, makanan yang mengandung vitamin E juga sudah dipercaya sejak dulu untuk menjaga kesehatan kulit.

Apa saja dampak kekurangan Vitamin E?
Biasanya seseorang yang mengalami defisiensi vitamin E akan mengalami beberapa gejala seperti ini:
  1. Melemahnya koordinasi otot, daya lihat, maupun kemampuan bicara
  2. Anemia pada bayi yang lahir prematur
  3. Gangguan sistem reproduksi
  4. Sulit berkonsentrasiGangguan sistem saraf pusat
Apa manfaat vitamin E?
Vitamin E sangat penting bagi tubuh karena memiliki berbagai manfaat, antara lain:
  1. Menyeimbangkan kolesterol
  2. Memperbaiki dan melembabkan kulit maupun rambut yang rusak
  3. Mempertebal rambut
  4. Menyeimbangkan kadar hormon
  5. Menyehatkan dan meningkatkan daya penglihatan
  6. Mengurangi nyeri saat haid
  7. Menyehatkan jantung, liver, serta ginjal
  8. Melindungi tubuh dari radikal bebas dan sinar matahari
  9. Sumber antioksidan
  10. Melindungi sel tubuh dari kerusakan
  11. Mencegah penyakit yang berhubungan dengan pencernaan, kardiovaskular, maupun kanker (payudara, prostat, dan kolon)
  12. Mencegah penuaan dini
  13. Mencegah komplikasi saat hamil
  14. Mencegah penyumbatan darah
  15. Meningkatkan fungsi jaringan otot
  16. Membantu menurunkan berat badan
  17. Meningkatkan kesuburan pria
  18. Mencegah demensia dan alzheimer

Lalu apa saja sih makanannya? Langsung saja kita bahas satu persatu berikut ini.
  1. Kacang almond. Selain rasanya yang enak, ternyata kacang almond punya kandungan vitamin E yang banyak, yakni satu gelasnya dapat mengandung vitamin E sebanyak 26,2 mg. Kacang yang satu ini bisa mencegah kulit dari penuaan dini dan tentu dapat menjaga kekencangan kulitmu. Manfaat lainnya yakni mampu menangkal radikal bebas dan mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Wah cocok untuk camilan sehari-hari, ya!
  2. Tomat. Tomat adalah salah satu buah yang kaya akan nutrisi, termasuk vitamin E juga ada di dalamnya. Manfaat utamanya tentu bisa menjaga kesehatan kulit kamu secara alami. Gak hanya itu saja, tomat juga mampu melindungi tubuh kamu dari radikal bebas yang dapat membahayakan sel-sel dalam tubuh. Bisa juga mencegah stroke dan ampuh dalam mengusir kolesterol jahat.
  3. Paprika. Makanan lainnya yang mengandung vitamin E adalah paprika. Mengonsumsi paprika yang cukup perharinya dapat memenuhi kebutuhan vitamin E harian kamu. Selain bagus untuk kulit, paprika juga memiliki kandungan beta karoten dan zeaxantin yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Manfaat lainnya yang bisa kamu dapat dari paprika adalah menjaga kesehatan mata dari risiko penyakit katarak dan kerusakan retina.
  4. Ikan salmon. Siapa yang tak suka dengan ikan salmon. Hampir semua orang gemar pada ikan yang identik dengan isian makanan khas Jepang, yakni sushi. Selain lezat, ikan salmon punya kandungan vitamin E yang setiap 3 onsnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin E harian tubuhmu. Ikan salmon juga bisa mengurangi pertumbuhan sel kanker dan kolesterol jahat.
  5. Alpukat. buah yang satu ini. Alpukat memang punya banyak sekali nutrisi yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari penyakit-penyakit yang berbahaya. Buah alpukat memiliki kandungan vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit lebih halus. Tak hanya itu, alpukat pun mempunyai Kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantungmu.
  6. Sawi. Jangan anggap remeh sayuran yang satu ini, sawi biasanya kita temui sebagai campuran mi ayam ataupun mie instan. selain rasanya yang enak, ternyata sawi juga mengandung vitamin E yang diyakini memiliki antioksidan sebagai penangkal radikal bebas.
  7. Mulberry. Di dalam buah yang baik untuk penderita diabetes ini tak hanya terkandung zat besi yang mampu mengatasi anemia, namun juga vitamin E yang dapat memenuhi 6% AKG.
  8. Jambu biji. Dikarenakan sifat jambu biji yang rendah indeks glikemiknya, maka tak heran buah yang mengandung vitamin E (6% AKG) tersebut disarankan untuk penderita diabetes. Bonus lain kalau Anda rutin mengonsumsi buah ini adalah BAB jadi lebih lancar.
  9. Pepaya. Buah pepaya tak hanya terkenal dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi, namun juga vitamin E. Dengan mengonsumsi 1 buah pepaya saja sudah bisa memenuhi 17% kebutuhan harian vitamin E.
Enak dan bagus untuk kulit! Tunggu apa lagi? Mulai sekarang konsumsi makanan yang mengandung vitamin E tadi, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel