Fakta-fakta menarik tentang manfaat Sayur Kentang Bagi Kesehatan


Fakta-fakta menarik tentang manfaat Sayur Kentang Bagi Kesehatan. 
Kentang sudah menjadi makanan yang populer di berbagai negara bahkan mereka menggunakannya untuk makanan alternatif pengganti nasi dan membantu proses diet secara alami.

Selain itu kentang juga sudah menjadi obat alternatif untuk menyembuhkan penyakit kencing manis (diabetes) yang digunakan oleh tabib serta digunakan sebagai jamu tradisional. Karena kandungan kentang yang mempunyai fungsi menetralisir berbagai bakteri dan kuman yang masuk ke dalam tubuh. Jika diolah dalam bentuk apapun, kandungan kentang tidak akan hilang sedikitpun. Karena kadar suhu dalam kentang tidak berubah-ubah. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang manfaat kentang bagi kesehatan tubuh yang wajib anda ketahui.

  • Mampu mengendalikan Gula Darah
Banyak yang bilang kalau kentang buruk bagi diabetesi, padahal sebaliknya. Manfaat kentang yang lainnya adalah membantu mengendalikan gula dalam darah, jadi sumber karbohidrat yang satu ini cukup aman bagi diabetesi.

Kentang banyak mengandung pati yang disebut dengan pati resisten yang tidak bisa diserap sepenuhnya oleh tubuh. Ketika pati resisten masuk ke dalam usus besar, pati ini akan menjadi sumber nutrisi untuk bakteri baik yang ada dalam usus. Penelitian menyatakan bahwa pati resisten dapat membuat kerja insulin, hormon pengendali gula darah, menjadi lebih optimal.

Selain itu, sebuah penelitian dalam Medicine (Baltimore) 2015 yang dilakukan pada orang yang mengalami diabetes tipe dua, juga menunjukan bahwa setelah mengonsumsi makanan dengan pati resisten, gula darah terbukti lebih stabil

  • Bebas Gluten
Kandungan zat dalam kentang juga bebas gluten. Gluten adalah jenis protein yang ditemukan dalam biji-bijian, seperti biji gandum. Bagi orang yang mengalami masalah dalam mengolah gluten seperti penyakit celiac, kentang bisa dijadikan pilihan tepat.

Meskipun bebas gluten, tetapi tidak semua resep makanan dari kentang benar-benar bebas gluten. Beberapa hidangan kentang mengandung gluten seperti dalam saus, atau roti kentang. Jika Anda memiliki penyakit celiac atau sensitivitas gluten, pastikan membaca daftar bahan lengkapnya dahulu.
  • Menjaga Kesehatan Sistem Saraf Otak
Vitamin B6 dalam kentang sangat penting untuk menjaga kesehatan neuron atau saraf. Vitamin B6 membantu menciptakan bahan kimia otak yakni, termasuk serotonin, dopamin, dan noreprinefrin menurut University of Maryland Medical Center.

Ini berarti, makan kentang dapat membantu mengatasi depresi atau stres. Selain itu, kalium dalam kentang yang bisa mendorong pelebaran pembuluh darah juga membantu memastikan otak cukup mendapatkan darah.

  • Kandungan Nutrisi Kentang
Kandungan yang ada dalam kentang terdiri dari 70% nutrisi dan 30% zat-zat lain. Zat-zat lain berupa protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, potasium, vitamin dan mineral-mineral lainnya. Kandungan kentang ini bisa dijadikan patokan menu makan sehari-hari untuk mengkonsumsinya karena sangat baik bagi kesehatan dalam tubuh. Maka dari itu tidak ada salahnya mengkonsumsi kentang dalam bentuk apapun.

Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh, Ada beberapa manfaat kentang bagi kesehatan tubuh antara lain:
  • Membantu penurunan kadar kolesterol
Kentang mengandung banyak kalori seperti nasi. Namun kentang mempunyai tekstur yang lembut dan membuat rasa kenyang lebih tahan lama karena tumpukan kalorinya seimbang dan kental. Selain itu dapat membantu penurunan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan zat potasium yang bermanfaat untuk menghancurkan tumpukan kadar kolesterol pada sistem pencernaan terutama pada sistem peredaran darah. Ini perlu kita ketahui agar selalu mengkonsumsi kentang secara berkala.
  • Kaya serat serta mencegah berbagai penyakit
Kandungan serat dalam kentang sangat tinggi sebanding dengan gandum. Serat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi orang-orang yang kurus dan kurang berat badan. Selain itu bisa digunakan untuk program orang-orang yang diet. Karena kentang berguna untuk mengukur kadar kalori yang akan dibuang oleh tubuh.

Kandungan serat pada kentang dapat mencegah berbagai masalah yang timbul dalam sistem pencernaan. Selain itu bisa mencegah timbulnya penyakit jantung, kanker prostat dan kanker rahim sesuai penelitian para ahli gizi. Kandungan vitamin B6 pada kentang dapat menghancurkan tumor dan kristal yang tumbuh sebagai virus dalam tubuh dan mencegah gangguan saraf.
  • Mencegah penyakit batu ginjal dan mengurangi peradangan
Kentang banyak mengandung zat besi dan kalsium yang akan membentuk dan mengendap menjadi batu ginjal serta menimbulkan kadar asam urat dalam sistem peredaran darah. Namun kandungan kentang yang banyak magnesium berfungsi dapat mencegah dan menolak endapan batu ginjal di sistem jaringan. Maka dari itu, kentang terbukti ampuh untuk mencegah dan mengobati batu ginjal. Begitu pula saran para dokter bahwa mengkonsumsi kentang bagi penderita batu ginjal sangatlah baik.

Kentang yang mempunyai tekstur halus dan lembut serta mudah untuk dicerna berguna untuk mengatasi peradangan baik bagian dalam maupun luar seperti, peradangan yang ada di mulut, usus dan sistem pencernaan. Selain itu baik untuk menyembuhkan luka bakar, encok, pegal linu, memar dengan cara menggosokkan dan bisa juga dimakan namun sebelumnya direbus terlebih dahulu.
  • Meredakan stres dan baik untuk perkembangan otak
Kandungan vitamin B6 dalam kentang dapat meredakan stres dalam pikiran. Karena hormon adrenalin dapat memperbaharui sel dan membuat pikiran serta tubuh terasa rileks, menumbuhkan perasaan menyenangkan dan tenang. Selain itu, Kandungan vitamin B6 juga dapat membantu perkembangan otak dan sistem sarafnya. Kentang juga banyak mengandung tembaga dan zat besi.

Manfaat kentang yang lainnya ialah untuk kecantikan. Vitamin C dalam kentang sangat baik dan bagus untuk kulit terutama wajah yang dapat membuat kulit halus, lembut dan bersinar. Kita bisa menggunakan kentang untuk menghilangkan timbulnya bengkak dan lingkaran hitam yang ada di mata dengan cara mengiris kentang lalu menempelkan pada mata, tunggu kurang lebih 30 menit.

Selain itu bisa juga dibuat untuk masker kecantikan kulit wajah dengan cara membuat jus kentang lalu balurkan hasilnya ke seluruh wajah agar nampak cantik dan berkilau. Kandungan nutrisi dalam kentang dapat mengobati penyakit jerawat pada wajah dengan cara mengiris tipis kentang lalu tempel kan irisannya di bagian-bagian wajah yang terjangkit penyakit jerawat. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel tentang cara membuat masker kentang.
  • Mencegah tekanan darah tinggi dan menyehatkan tulang
Kentang yang mengandung kalsium, kalium dan magnesium sangat bagus dan dapat dipercaya untuk mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh. Selain itu kandungan zat besinya dapat membantu pertumbuhan sempurna dan menyeluruh bagi tulang serta membentuk kekuatan dan struktur yang baik untuk tulang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel