9 Tips Mengatasi Kulit Kering Bersisik


Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik Secara Alami Dan Sehat
    Tak peduli apapun jenis kulitnya, semua orang bisa memiliki kulit kering sesekali sepanjang hidupnya. Kulit kering bersisik dapat sulit untuk disembunyikan, terutama di wajah yang bahkan makeup pun tak bisa banyak membantu yang ada justru memperburuk masalah.

    Jika Anda memiliki kulit kering bersisik yang terasa gatal, Anda pasti ingin solusi cepat dan mudah. Coba 9 tips rumahan ini untuk menenangkan keluhan kulit kering Anda.

    Saat Anda puasa, kondisi kulit kering sangat mungkin terjadi. Namun, tak sedikit orang yang mengabaikan kondisi ini karena berpikir bahwa kulit akan membaik dengan sendirinya. Padahal, jika kekeringan akibat dehidrasi terus dibiarkan, kulit akan memerah, gatal, dan perih, khususnya saat berada di suhu dingin.

    Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, kulit yang kering terasa kencang atau tertarik, umumnya terjadi setelah mandi, kulit tampak berkerut, kusam, kasar, dan kadang terasa gatal.

“Pada kondisi yang cukup berat, kulit kering bisa disertai kemerahan, tanda peradangan, dan terkelupas,” kata dr. Sepri.

    Kalau sudah begitu, iritasi kulit pun menjadi sulit untuk dihindari. Untuk mencegah terjadinya kulit kering saat puasa, Anda bisa melakukan tips berikut:
  • Mandi atau kompres air hangat
Mandi air hangat suam-suam kuku, tapi jangan terlalu lama. Kenapa harus air hangat? Mandi air panas setelah seharian beraktivitas memang terasa menggoda, namun air panas dapat melucuti minyak alami tubuh, dan Anda perlu sebanyak mungkin penghalang yang membantu memerangkap kelembapan demi menjaga kulit Anda tetap halus dan lembap. Dermatologis merekomendasikan untuk mandi air hangat tak lebih dari 5-10 menit.

Alternatifnya, Anda bisa mengompres area kulit kering bersisik dengan kompres air hangat. Gunakan waslap bayi bersih yang telah dicelupkan di air hangat, kemudian gosok lembut dengan gerakan melingkar kecil untuk mengangkat sisa kulit mati. Ulangi beberapa kali sehari, jika perlu. Pastikan untuk menggunakan waslap baru setiap kali akan mengompres. Setelah itu, keringkan kulit dan oleskan pelembab tubuh.
  • Gunakan sabun pembersih yang tepat
Beberapa sabun wajah dan pembersih benar-benar bisa menjadi terlalu keras untuk kulit sensitif di wajah Anda. Jika kulit Anda terasa kencang dan kering setelah Anda mencucinya, Anda bisa menggunakan produk yang salah untuk kulit Anda. Pilih pembersih wajah yang tepat. Carilah produk yang tidak mengandung sodium lauryl sulfate, yang menguras kelembapan dari kulit. Sebaliknya, pilih produk yang bebas dari pewangi dan pewarna dan diberi label Moisturizing.
  • Keringkan tubuh dengan baik
Anda mungkin berpikir bahwa meninggalkan wajah tetap lembap setelah mandi akan membantu meningkatkan kelembapan kulit. Salah besar. Setelah air benar-benar menguap dari permukaan kulit, kulit Anda justru akan lebih kering dari sebelumnya. Jadi, pastikan untuk mengeringkan kulit dengan baik setelah mandi. Namun, perlu diingat bahwa handuk kasar dapat bertindak seperti exfoliator — gesekan antar kulit dengan tekstur kasar handuk dapat merusak lapisan terluar kulit, menyebabkan kekeringan lebih lanjut dan iritasi. Selalu gunakan kain lembut dan bersih, dan ingat untuk menepuk-nepuk wajah Anda, jangan menggosok. Keringkan kulit selama kurang dari 20 detik.
  • Rajin pakai pelembap
Menurut dr. Atika dari KlikDokter, hal terpenting dalam perawatan kulit kering adalah rajin mengoleskan pelembap, terutama sehabis mandi. Pilihlah pelembap yang tidak mengandung pewangi atau bahan aktif yang dapat menyebabkan pengelupasan kulit.

“Bahan-bahan tersebut mampu memperparah iritasi yang terjadi pada kulit kering,” kata dr. Atika.

Namun, apabila kondisi kulit kering Anda belum menimbulkan iritasi, memakai pelembap dengan bahan wewangian sah-sah saja, asalkan kulit Anda tidak sensitif. Ulangi penggunaan pelembap iniberkali-kali, apalagi jika Anda selalu berada di dalam ruangan ber-AC.
  • Gunakan lip balm
Bukan cuma kulit tangan dan kaki yang kering saat Anda mengalami dehidrasi, bibir umumnya akan kering bahkan cenderung pecah-pecah. Untuk mengatasi kekeringan di area bibir, gunakanlah lip balm secara teratur. Sama seperti pelembap, pilihlah lip balm yang tidak memiliki aroma atau rasa buah-buahan yang manis.

“Lip balm yang seperti itu pada dasarnya bersifat mengiritasi dan bisa membuat Anda tertarik untuk menjilatnya,” dr. Atika menegaskan.

Ingat, semakin sering bibir dijilat, semakin kering kondisi bibir Anda. Air liur hanya membasahi bibir Anda sementara, lalu semakin menghilangkan kelembapannya saat liur sudah mengering.
  • Pakai pakaian yang tertutup dan berbahan katun
Saat puasa, lebih baik gunakan pakaian berlengan panjang dan berbahan katun. Jenis pakaian tersebut dapat membantu mengunci kelembapan kulit. Dikatakan dr. Nadia Octavia

 dari KlikDokter, mengenakan pakaian berbahan dasar wol ataupun serat sintetis justru semakin meningkatkan risiko iritasi pada kulit yang kering.Perbanyak konsumsi air putih saat sahur, berbuka, dan sebelum tidur

Meski sedang puasa, Anda tetap disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan sebanyak 8 gelas per hari. Hal itu bisa Anda lakukan dengan cara membagi 3 gelas saat sahur, 3 gelas saat buka puasa, dan 2 gelas sebelum tidur.

Tercukupinya kebutuhan cairan tubuh membuat Anda terhindar dari dehidrasi. Kalau Anda tidak dehidrasi, risiko untuk mengalami kulit kering yang parah pun akan semakin kecil. Bila Anda bosan terus-menerus minum air putih, Anda juga bisa menggantinya dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air, misalnya semangka dan jeruk.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mengonsumsi sayur. Semakin banyak air putih, buah, dan sayur yang Anda konsumsi saat buka puasa dan sahur, kondisi kulit juga akan ikut membaik.
  • Jangan mandi dengan air hangat
Berpuasa di hari yang panas memang paling enak diatasi dengan mandi. Namun, alih-alih pilih air hangat, mandilah dengan air dingin. Mandi dengan air hangat hanya akan membuat kulit Anda semakin kering.

Usahakan juga untuk tidak mandi terlalu lama. Sebab, kulit yang terlalu lama terkena air justru bisa mengering dan mengeriput, sekalipun itu air dingin. Tentu Anda ingatkan saat berenang terlalu lama, kulit jari-jari Anda mengeriput?

Dari lima cara di atas, memakai pelembap dan perbanyak minum air putih saat sahur dan berbukalah kunci utama mengatasi kulit kering saat puasa. Selain itu, pilihlah kemasan pelembap yang tidak terlalu besar (travel size) sehingga praktis dibawa ke mana-mana dan memakainya kapan saja.

  • Berendam susu
Berendam susu jika kulIt tubuh Anda kering, atau kompres area kulit wajah yang kering bersisik dengan waslap yang direndam susu putih dingin. Diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelahnya, usap kulit kering bersisik dengan gerakan pijat melingkar. Lemak dan asam laktat yang terkandung dalam susu berfungsi sebagai pembersih wajah ringan yang juga mampu memberikan kelembapan ekstra.
  • Masker wajah buatan sendiri
Hindari menggunakan peeling wajah yang bertekstur kasar, dan masker wajah tanah liat untuk sementara waktu. Semua ini dapat menarik keluar kelembapan kulit.

Sebagai gantinya, Anda bisa meracik sendiri masker wajah alami untuk mengatasi masalah kulit kering bersisik Anda. Masker alpukat madu, misalnya. Kombinasi alpukat dan madu merupakan sumber yang baik dari sterolin dan humektan yang mampu mengobati kekeringan kulit. Tumbuk halus alpukat dan aduk rata bersama sesendok madu hingga menjadi pasta lembut. Balurkan masker di area kulit kering, diamkan selama 15 menit, dan bilas bersih. Alternatif lainnya adalah masker pisang dan yogurt. Campuran ini tidak hanya melembabkan kulit, tetapi juga mengelupas sel-sel mati. Tumbuk halus pisang dan aduk rata bersama sesendok yogurt plain hingga menjadi pasta lembut. Balurkan masker di area kulit kering, diamkan selama 30 menit, dan bilas bersih.

Atau, Anda bisa oleskan gel lidah buayatebal-tebal pada area kulit kering, tunggu selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Setelah maskeran, jangan lupa untuk keringkan kulit dan oleskan pelembab kulit, ya!

0 Response to "9 Tips Mengatasi Kulit Kering Bersisik"

Post a Comment

Ingin Berdonasi Kepada Kami? Anda bisa menyalurkan donasi anda melalui PULSA/GOPAY/OVO CASH Kepada Nomor Team Kami Yaitu ( 6283-857-218-247 ) "Ayokmoco.com"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel