14 Khasiat Lobak Putih Bagi Kesehatan Tubuh


14 Khasiat Lobak Putih Bagi Kesehatan Tubuh
Apa itu lobak?. Lobak adalah tanaman yang termasuk ke dalam jenis umbi umbian. Nama ilmiah dari lobak adalah Raphanus sativus. Tumbuhan lobak masuk ke dalam famili Brassicaceae. Lobak juga tergolong ke dalam sayuran cruciferous.

Tumbuhan lobak berasal dari Tiongkok atau Cina. Lobak memiliki nama yang berbeda-beda. Dalam bahasa Hindi, lobak dikenal dengan nama mooli. Di berbagai negara, lobak juga memiliki nama lain seperti Radish, moolangi, mulo, mulanki, dan lainnya.

Lobak memiliki variasi warna seperti putih, merah, ungu, dan hitam. Di antara variasi lobak, lobak putih adalah varian lobak banyak dimanfaatkan oleh orang-orang. Lobak putih memiliki rasa manis dan agak pedas. Lobak putih bisa dimakan mentah seperti pada salad atau jus dan juga bisa diolah menjadi sayuran atau osengan.
  • Kandungan zat gizi lobak putih
Lobak putih mengandung zat-zat gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan zat gizi makro yang ada di dalam lobak putih di antaranya adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Meski tidak banyak, lobak putih juga memiliki kalori.

Tanaman lobak putih mengandung potasium dalam jumlah yang sangat banyak. Lobak putih juga mengandung mineral lain seperti sodium, kalsium, zat besi, dan magnesium. Beberapa vitamin yang ada di dalam lobak putih yaitu vitamin C dan vitamin B kompleks.

Selain itu, lobak mengandung kadar folat, vitamin B-6, riboflavin, thiamin dan mineral seperti besi, magnesium, tembaga dan kalsium.Lobak, mengandung banyak fitokimia seperti indol yang merupakan agen detoksifikasi dan zeaxanthin, lutein, dan beta-karoten, yang merupakan antioksidan flavonoid. Kekuatan antioksidan total mereka, diukur dengan kapasitas absorbans radikal oksigen (nilai ORAC), adalah 1736 μmol TE / 100 g.

  • Manfaat Lobak Putih Untuk Kesehatan

Anda telah mengetahui semua kandungan nutrisi yang ada di dalam lobak putih. Manfaat lobak putih bagi kesehatan tubuh sangat erat kaitannya dengan zat-zat gizi yang telah disebabkan. Anda bisa meningkatkan derajat kesehatan dan mencegah beberapa penyakit dengan mengonsumsi lobak putih.

Secara ilmiah disebut sebagai Brassica rapa, lobak merupakan sayuran akar seukuran apel milik keluarga Brassicaceae. Dikenal luas sebagai sayuran akar, lobak memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan.

Menjadi sayuran silangan, lobak tersedia secara luas sepanjang tahun. Lobak memiliki sifat obat sangat baik yang masih belum diketahui banyak orang. Lobak dapat dikonsumsi mentah dan dimasak. Umumnya, akarnya dimakan tetapi daunnya juga bergizi dan dapat dimakan.
  1. Meningkatkan kesehatan jantung. Tingginya kadar serat dan kalium dalam sayuran membuatnya sangat bergizi dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Lobak, ketika dicerna menyerap lebih banyak jumlah empedu yang pada gilirannya, menggunakan kolesterol hadir dalam tubuh Anda dan membantu pencernaan. Karenanya kandungan kolesterol dalam tubuh sangat berkurang. Sejumlah besar Vitamin K hadir dalam lobak membantu dalam proses anti-inflamasi. Karenanya stroke jantung, serangan jantung, dan penyakit jantung lainnya dicegah. Mereka juga memiliki tingkat folat yang sangat baik yang membantu meningkatkan sistem kardiovaskular.
  2. Lobak Putih Mengobati penyakit kuning. Bagi yang menderita penyakit kuning, lobak putih bisa bemanfaat untuk mengobati penyakit kuning. Kandungan di dam lobak putih akan menlenyapkan produksi bilirubin yang berlebihan. Penyakit kuning yang akan menyerang produksi sel-sel darah merah dalam tubuh dan lobak putih dapat memperbaiki ketidaknormalan ini dengan oksigen yang dibawa oleh zat – zat yang terdapat di dalam lobak putih. Selain umbinya, daun juga dapat digunakan sebagai obat penyakit kuning ini.
  3. Membantu memulihkan kesehatan sistem pernafasan. Lobak akan membantu anda menghilangkan penyumbatan yang terjadi pada hidung, tenggorokan hingga paru – paru. Di dalam lobak putih terdapat banyak kandungan vitamin dan juga zat desinfektan yang akan melindungi sistem pernafasan dari infeksi yang mungkin menyerang.
  4. Mengobati eksim. Bagi anda yang menderita penyakit eksim, menggunakan lobak putih akan sangat efektif untuk mengobati penyakit eksim. Caranya, anda dapat menghaluskan lobak putih dengan dicampur sari jahe untuk memberi rasa.
  5. Mencegah kanker. Kehadiran glukosinolat membantu mencegah kanker dan mengurangi efek yang sama. Mereka adalah bahan kimia tumbuhan alami dan memecah menjadi dua senyawa saat mencerna yaitu indole dan isothiocyanate. Keduanya bertindak sebagai agen yang kuat dalam menghancurkan sel-sel tumor dan membantu mengurangi pertumbuhan kanker. Penelitian juga membuktikan bahwa orang yang memasukkan lobak dalam makanan sehari-hari mereka memiliki risiko lebih kecil terkena kanker, terutama kanker payudara. Ini juga memiliki efek lebih besar pada tumor usus besar dan dubur.
  6. Meningkatkan kesehatan tulang. Lobak memiliki persediaan kalsium dan kalium yang sehat. Ini membantu dalam mengurangi risiko osteoporosis, rheumatoid arthritis, kerusakan sendi dan penyakit tulang lainnya. Kehadiran tembaga memperkuat jaringan ikat lebih jauh membuat tulang Anda sehat.
  7. Tingkatkan pencernaan. Karena sayuran sangat kaya akan kandungan serat, lobak meningkatkan pencernaan yang sehat sambil menjaga usus dan usus besar Anda. Lobak dapat mencegah sembelit, kembung, gangguan pencernaan dan diare, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan Anda.
  8. Mengatur tekanan darah. Kalium dan diet nitrat dalam lobak dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Juga, kalium dapat membantu menghilangkan kelebihan natrium. Kandungan kalium yang kaya dalam lobak menjadikannya bermanfaat untuk tujuan ini dan juga membantu melebarkan arteri dan mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.
  9. Membantu penurunan berat badan. Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, maka lobak sangat baik untuk Anda. Rendah kalori yang membuatnya menjadi tambahan yang bagus untuk program penurunan berat badan. Ini juga mengatur metabolisme Anda karena kandungan seratnya yang tinggi. Jadi, miliki lobak dan kehilangan lemak ekstra itu tanpa menimbulkan risiko bagi kesehatan Anda.
  10. Mencegah bau badan. Jus lobak sangat efektif dalam menghilangkan bau badan. Minum jus lobak secara teratur dikatakan bisa menghilangkan bau badan Anda. Anda bisa mengolesi sendok jus di bawah lubang lengan. Anda juga bisa mengolesinya dengan kaki pecah-pecah.
  11. Menyembuhkan batu ginjal. Mengkonsumsi lobak secara teratur dapat menjadi alternative pengobatan untuk menghilangkan penyakit batu ginjal. Lobak yang dibuat jus lebih efektif dalam mengobati dan menghilangkan batu ginjal dibandingkan jika lobak dikonsumsi dalam bentuk yang lain. Di samping dapat menghilangkan batu ginjal, jus lobak juga berguna dalam pencegahan pembentukan batu ginjal kembali. Penelitian membuktikan bahwa lobak adalah salah satu obat yang paling manjur yang berguna untuk mengobati gangguan – gangguan pada ginjal yang terjadi akibat terbentuknya batu ginjal. Bagi anda yang menderita batu ginjal, disarankan untuk meminum setengah gelas jus lobak segar setiap harinya. Meminum jus lobak segar di pagi hari dilakukan sebelum anda sarapan akan membantu melarutkan batu yang terbentuk pada ginjal dan mendorongnya keluar lewat air seni
  12. Meningkatkan penglihatan. Anda dapat memasukkan lobak dalam diet harian Anda dengan beberapa cara. Anda bisa menggunakannya dalam sup atau salad untuk mendapatkan manfaatnya. Ini sangat baik untuk mata juga karena sangat kaya akan lutein, karotenoid yang membantu meningkatkan kesehatan mata Anda dan mencegah katarak dan degenerasi makula.
  13. Menyembuhkan asma. Jika Anda adalah pasien asma, buat lobak sebagai bagian dari diet harian Anda. Sayuran silangan ini memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang bagus yang membantu menyembuhkan asma. Lobak sangat efektif untuk pengobatan asma jika dikonsumsi secara teratur.
  14. Memperkuat sistem kekebalan tubuh. Lobak bermanfaat untuk berfungsinya sistem kekebalan tubuh Anda. Beta-karoten hadir dalam lobak membantu tubuh untuk menghasilkan selaput yang sehat. Juga, kalium yang ada di dalamnya membantu berfungsinya otot dan saraf.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel