Artikel Pilihan Pembaca

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK )

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK ) Di kalangan ilmuwan ada keseragaman pendapat, bahwa “ilmu” itu selalu tersusun dari pengetahu...

Penyebab tubuh sulit gemuk

Alasan mengapa tubuh sulit gemuk atau sulit berkembang. 
Bila Anda bertanya-tanya apa penyebab badan Anda susah gemuk, saya yakin kemungkinan besar Anda sudah banyak makan. Tapi tahukah Anda bahwa banyak makan itu tidak ada hubungannya dengan bertambahnya berat badan? Sejatinya, untuk menggemukkan badan, Anda harus memasukkan kalori ke tubuh Anda, melebihi dari kebutuhan kalori tubuh Anda per hari. Detailnya bagaimana, silahkan Anda baca artikel Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Tubuh per Hari. Disitu ada penejelasan matematiknya bagaimana agar badan Anda bisa gemuk.

Berat badan adalah salah satu indikator untuk melihat kesehatan seseorang. Berat badan juga menentukan status gizi seseorang. Oleh karena itu, jangan remehkan jika berat badan Anda turun ataupun naik dengan tiba-tiba. Jika Anda mengalami penurunan berat badan sebesar 5% dari berat badan Anda yang sebelumnya dalam rentang waktu 6 bulan, maka Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.


Urusan makan, kamu bukan tipe yang pilih-pilih atau susah. Bisa dibilang kamu pemakan segala. Semua jenis makanan cocok aja di mulut, asalkan kebersihannya terjaga. Tapi herannya, mau makan sehari empat sampai lima kali, tetap aja nominal timbangan macet di angka segitu-gitu aja. Kalaupun naik paling cuma setengah atau satu kilo aja. Dan biasanya, cepat turun lagi itu berat badannnya.

Lantas bagaimana jika anda adalah orang yang  bertipe suka makan tetapi badan tidak gemuk ? Semua ada beberapa faktor yang sangat berpengaruh besar pada pertumbuhan anda.

  • Usus yang pendek
Memiliki usus pendek adalah salah satu penyebabnya, jika semakin panjang usus Anda maka semakin luas bidang penyerapan nutrisi sehingga banyak juga yang disalurkan ke organ tubuh lain. Jika usus anda pendek maka cenderung sisa makanan anda akan dibuang melalui BAB. Banyak orang yang ingin diet sacara cepat mereka melakukan cara ini dengan memotong usus-usus mereka.

  • Cacingan
Cacingan adalah penyakit infeksi cacing atau parasit yang tinggal dalam usus manusia. Cacing yang menetap di usus ini akan bertahan hidup dengan mengambil sari-sari makanan yang masuk ke usus. Ternyata, tidak hanya anak-anak yang bisa mengalami cacingan. Orang dewasa pun masih bisa mengalami infeksi cacingan. Cacing yang menjadi penyebab cacingan tak hanya satu jenis, melainkan banyak. Dimana cacing hidup di usus dengan menyerap sari makanan, sehingga Anda menjadi kurus.

  • Stress
Stres adalah salah satu kondisi yang membuat anda sulit makan atau minum yang membuat berat badan anda akan berturun sedikit deni sedikit dan tidak mengalami perkembangan meski anda sudah makan banyak, hal ini sama dengan cacingan. Selain itu, berat badan Anda pula bisa sulit naik jika sedang menjalani pengobatan tertentu mulai dari kecanduan alkohol atau menggunakan obat-obatan terlarang.

  • Terlalu sering beraktivitas
Aktivitas fisik yang berlebihan ternyata bisa menjadi salah satu penyebab berat badan Anda susah naik. Ketika melakukan aktivitas fisik, maka tubuh membakar kalori lebih banyak. Maka tubuh Anda akan tetap kurus meski sudah mengkonsumsi banyak makanan.

  • Faktor Keturunan
Faktor genetik bisa membuat seseorang mempunyai metabolisme cepat. Yang mana metabolisme berperan penting dalam pembakaran kalori di dalam tubuh. Maka hal ini yang menyebabkan seseorang tetap kurus meski sudah mengkonsumsi banyak makanan. Bagi Anda yang sulit gemuk, jangan berkecil hati. Tetap melakukan olahraga dan atur pola makan Anda. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel