Pengertian dan ciri-ciri teks prosedur kompleks


    Pengertian Teks prosedur kompleks adalah teks yang berisi tentang langkah-langkah atau tahap-tahap yang sistematis untuk mencapai suatu tujuan. Ada dua prosedur yang dapat di tempuh dengan hanya dua atau tiga langkah. Prosedur tersebut disebut sebagai prosedur sederhana seperti bagaimana cara mengoperasikan mesin cuci, cara membuat sim dan ktp dan masih banyak lain sebagainya.
Struktur Teks Prosedur Kompleks

  1. Tujuan yang ingin dicapai.
  2. Langkah-langkah untuk mencapai suatu tujuan.

Ciri-ciri teks prosedur kompleks
    Yang pertama adalah menggunakan kalimat imperatif . kalimat ini berfungsi untuk meminta seseorang atau melarang seseorang untuk melakukan sesuatu hal contohnya ( Gunakan pensil 2B, Tulislah dengan huruf cetak ).

    Yang kedua adalah menggunakan kalimat deklaratif. Kalimat yang berfungsi untuk mengungkapkan sebuah pernyataan informasi. kalimat yang memberi berita tentang suatu hal, berfungsi sebagai pemberi informasi yang jelas. Contohnya ( mereka sudah memahami cara membuat kue yang baik, saya dapat menggunakan kamera digital sesuai dengan petunjuk yang ada ).

    Yang ketiga adalah menggunakan kalimat interogatif . Kalimat yang berfungsi sebagai pemberi pertanyaan yang bertujuan untuk meminta suatu informasi dari sebuah kegiatan. Contohnya, ( apakah anda membuat nasi goreng? , dimana kamu ditilang? , )

0 Response to "Pengertian dan ciri-ciri teks prosedur kompleks"

Post a Comment

Ingin Berdonasi Kepada Kami? Anda bisa menyalurkan donasi anda melalui PULSA/GOPAY/OVO CASH Kepada Nomor Team Kami Yaitu ( 6283-857-218-247 ) "Ayokmoco.com"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel