Perubahan lingkungan alam

    Apa yang dimaksud dengan lingkungan alam?.. lingkungan alam adalah lingkungan yang sudah ada tanpa harus dibuat oleh manusia, Lingkungan alam diantaranya daratan (tanah), perairan, dan udara. Alam mempunyai suatu peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Alam adalah penyedia bahan pangan, pakaian, dan penghasil tanaman bagi manusia didunia.


    Bagaimana jika lingkungan alam terganggu dan mengalami kerusakam?. Perubahan lingkungan alam dapat terjadi karena faktor alam dan fsktor manusia. Banjir, lahar panas, gunung meletus, gempa, dan tsunami adalah sebuah contoh perubahan lingkungan alam akibat faktor alam. Sementara perubahan alam akibat faktor manusia adalah penggunaan teknologi dalam mengelola alam, pemanfaatan lingkungan alam secara berlebihan, pembuangan limbah ke lingkungan alam dan sebagainya. Ketika penggunaan teknologi tidak diperhatikan bebar-benar oleh manusia maka akan menyebabkam kerusakan alam secara pelan-pelan dan pada akhirnya masyarakat disekitar area tersebut terpaksa harus berpindah karen faktor yang telah dibuat oleh manusia tidak bertanggung jawab.
    Lingkungan alam berkaitan pula dengan perubahan penduduk, ketika terjadi pertambahan penduduk maka semakin tinggi pula tekanan terhadap alam, Oleh karena itu bisa terjadi kerusakan alam. Misalnya untuk memenuhi kebutuhan akan perumahan, manusia menggeringkan lahan pertanian menjadi sempit, serta banyak petani yang kehilangan lahan mereka untuk bertani dan terpaksa bekerja sebagai buruh pabrik atau suatu pekerjaan yang lainnya menurut mereka bagus sesuai kemampuan.

Contoh lingkungan alam adalah sebagai berikut.

  • Gunung
Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal
  • Sungai
Sungai adalah aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara). Ada juga sungai yang terletak di bawah tanah, disebut sebagai "underground river"
  • Laut
Laut adalah sebuah tubuh air asin besar yang dikelilingi secara menyeluruh atau sebagian oleh daratan. Dalam arti yang lebih luas, "laut" adalah sistem perairan samudra berair asin yang saling terhubung di Bumi yang dianggap sebagai satu samudra global atau sebagai beberapa samudra utama.
  • Hutan
Hutan adalah suatu wilayah yang memiliki banyak tumbuh-tumbuhan lebat yang berisi antara lain pohon, semak, paku-pakuan, rumput, jamur dan lain sebagainya serta menempati daerah yang cukup luas.
  • Danau
Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. Kebanyakan danau adalah air tawar dan juga banyak berada di belahan bumi utara pada ketinggian yang lebih atas

0 Response to "Perubahan lingkungan alam"

Post a Comment

Ingin Berdonasi Kepada Kami? Anda bisa menyalurkan donasi anda melalui PULSA/GOPAY/OVO CASH Kepada Nomor Team Kami Yaitu ( 6283-857-218-247 ) "Ayokmoco.com"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel