Pengaruh kemajuan iptek terhadap NKRI

    Mengidentisifikasi pengaruh kemajuan IPTEK terhadap NKRI.
Di era zaman modern ini, kemajuan iptek sudah berkembang sangat pesat diiringi dengan berkembangnya juga sistem pertahanan keamanan suatu negara. Pertahanan negara diselenggarakan untuk mewujudkan kepentingan nasional. Kepentingan strategis pertahanan Indonesia merupakan bagian dari kepentingan nasional dalam menjamin tegaknya NKRI. Pertahanan negara memiliki peran dan fungsi untuk mempertahankan eksistensi bangsa Indonesia dari setiap ancaman dan gangguan, baik dari luar maupun yang timbul di dalam negeri.

Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang semula bertujuan untukmpermudah pekerjaan manusia, tetapi kenyataannya teknologi telah menimbulkan keresahan dan ketakutan baru bagi kehidupan manusia. Ketakutan yang dirasakan oleh manusia akibat perkembangan teknologi ini disebabkan adanya kekhawatiran akan adanya penyalah gunaannya oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan adanya perkembangan iptek manusia mendapatkan berbagai kemudahan dalam melaksanakan kegiatannya sehari-hari. 

Dalam Undang Undang Nomor 3 Tahun 2002, pasal 7 ayat (2) dan (3) menyebutkan macam ancaman, yaitu ancaman militer dan ancaman non militer. Ancaman militer adalah ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata yang terorganisasi yang dinilai mempunyai kemampuan yang membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa.

Pada abad ke-20, rekayasa teknologi yang dikembangkan oleh manusia terus mengalami kemajuan hingga hampir menuju kesempurnaan. Pada abad ini banyak alat-alat yang dapat digunakan untuk menunjang pada perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan, seperti munculnya televisi, komputer, telepon dan lain sebagainya. Selain itu, perkembangan teknologi transportasi juga semakin menunjukkan bahwa dunia ini tanpa batas. Hal ini menunjukkan bahwa kemajuan IPTEK sangat dinikmati oleh seluruh masyarakat dunia, termasuk masyarakat indonesia sendiri. Baca juga Sikap selektif terhadap pengaruh kemajuan iptek


    Kemajuan IPTEK tentunya sangat berpengaruh besar terhadap kemajuan suatu bangsa atau negara, baik itu pengaruh positif ataupun negatif. Berikut ini adalah beberapa pengaruh kemajuan iptek baik dalam sisi positif atau negatif dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat. Baca juga Sikap tanggung jawab dalam pengembangan IPTEK

Pengaruh Positif Kemajuan IPTEK bagi kehidupan Bermasyarakat, berbangsa dan Bernegara.

Aspek Politik

Tidak dapat di pungkiri bahwa kemajuan IPTEK berhasil menanamkan nilai-nilaibdalam kehidupan berpolitik bangsa indonesia yang selama ini dianggap tabu. Kemajuan IPTEK, menjadikan nilai-nilai seperti keerbukaan, kebebasan, dan demokrasi berpengaruh kuat kuat terhadap pikiran maupun kemauan bangsa indonesia. Dengan adanya pemerintahan yang demokratis, sangat dimungkinkan akan meningkatkannya kualitas dan kuantitas partisipasibpolitik rakyat indonesia dalam penentuan kebijakan politik oleh pemerintah. Dengan dilaksanakannya nilai-nilai ini akan menjadi alat kontrol yang efektif dan efisien terhadap keberlangsungan suatu pemerintahan, sehingga pada akhirnya akan tercipta pemerintahan yang bersih, jujur, adil, dan aspiratif. Hal ini sangat berpengaruh besar terhadap perwujudan supremasi hukum, jaminan hak asasi manusia, demokratisasi, perlindungan ligkungan dan lain sebagainya.

Aspek Ekonomi
  1. Meningkatkan kesempatan kerjan dan devisa negara.
  2. Meningkatkan kemakmuran masyarakat.
  3. Menyediakan dana tambahan untuk pembangunan ekonomi.
  4. Makin terbukanya pasar internasional bagi hasil produksi dalam negeri.
  5. Meningkatkan investasi asing atau penanaman modal asing di negara kita indonesia.
Aspek sosial budaya
    Kemajuan teknologi dan informasi yang di tandai dengan munculnya internet dan semakin canggihnya alat-alat komunikasi secara langsung telah mempermudah kita untuk memperoleh informasi dari belahan bumi lainnya atau informasi dari negara lain dengan cepat. Selain itu dengan adanya kemajuan IPTEK ini kita dapat mencontoh atau belajar banyak dari tata nilai sosial budaya, cara hidup, pola berfikir yang baik, maupun ilmu pengetahuan dan teknologi bdari bangsa lain yang telah maju untuk kemajuan dan kesejahteraan kita misalnya dengan cara mencontoh etos kerja dan semangat kerjakeras yang di tampilkan oleh orang lain untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Aspek Hukum, Pertahanan, dan keamanan
  1. Semakin menguatnya supremasi hukum, demokratisasi, dan tuntutan hak asasi manusia.
  2. Menguatnya regulasi hukum dan pembuatan peraturan perundang-undnagan yang memihak dan bermanfaat bagi kepentingan rakyat.
  3. Semakin menguatnya tuntutan tugas-tugas penegak hukum yang lebih profesional, transparan, dan dapat dipertanggung jawabkan
  4. Menguatnya supremasi sipil dengan mendudukan tentara dan polisi sebatas penjaga keamanan pada suatu negara.
Pengaruh negatif kemajuan IPTEK bagi kehidupan Bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Aspek Politik.
    Kemajuan IPTEK melalui golabalisasi untuk sementara telah mampu meyakinkan sebagian masyarakat indonesia bahwa liberalisme dapat membawa manusia kearah kemajuan dan kemakmuran. Nilai-nilai yang dibawa IPTEK seperti keterbukaan, kebebasan dan demokratisasi tidak menutup kemungkinan akan di salah artikan oleh masyarakat indonesia. Akibatnya akan terjadi terganggunya stabilitas politik nasional seiring dengan tindakan-tindakan anarki sebagai reaksi terhadap sikap pemerintahan yang menurut mereka tidak terbuka. Pengaruh negatif kemajuan IPTEK lainnya yang harus di waspadai adalah munculnya gerakan-gerakan radikalisme dan terorisme. Para pelaku ini adalah gerakan suatu kelompok orang yang sangat terampil dalam memanfaatkan kemajuan teknologi seperti pada saat ini banyak dari mereka memanfaatkan dengan merakit sebuah persenjataan, merakit Bom dan lain sebagainya.

Aspek Ekonomi.
  1. Indonesia akan dibajiri dengan barang-barang dadi luar seiring dengan adanya perdagangan bebas yang tidak mengenal batas-batas suatu negara.
  2. Cepat atau lambat perekonomian bangsa indonesia akan dapat dikuasai oleh bangsa asing, seiring dengan makin mudahnya orang asing msnanam modalnya di negara indonsia, yang pada akhirnya akan menekan pemerintahan atau bangsa kita.
  3. Pemerintahan hanya sebagai regulator pengaturan ekonomi yang mekanismenya akan ditentukan oleh pasar.
  4. Sektor-sektor ekonomi rakyat yang diberikan subsidi akan semakin berkurang dan semakin sulit untuk berkembang.
Aspek sosial budaya.
  1. Munculnya gaya hidup konsumtif dan selalu menggunakan barang dari luar negeri.
  2. Munculnya sifat hedonisme yaitu kenikmatan pribadi dianggap sebagai suatu nilai hidup tertinggi.
  3. Semakin lunturnya nilai-nilai agama.
  4. Semakin lunturnya nilai kehidupan bermasyarakat.
  5. Bisa mengakibatkan kesenjangan sosial yang semakin tajam antara rakyat miskin dan kaya.
Aspek Hukum, Pertahanan, dan Keamanan.
Dampak negatif yang ditimbulkan kemajuan IPTEK ini antara lain akan menimbulkan tindakan anarkis dari masyarakat yang dapat menganggu stabilitas nasional, ketahanan nasional bahkan persatuan dan kesatuan suatu bangsa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel