Hukum berfoto dengan menjulurkan lidah bagi orang islam

    Apa hukum berfoto dengan menjulurkan lidahnya bagi kaum muslim?.
    Pada zaman yang saat ini dengan kemajuan teknologi yang pada setiap tahunnya semakin maju dan canggih ini, sudah banyak masyarakat yang menyukai sebuah kegiatan berfoto terutama adalah kaum wanita yang biasanya mereka saat berfoto sering menjulurkan lidahnya keluar mulut.


    Apakah mereka tahu? Apa hukum menjulurkan lidah saat berfoto? Dalam agama kita yaitu islam tidak diperbolehkan berfoto dengan menjulurkan lidah keluar mulut, Hukum wanita menjulurkan lidah dalam Islam adalah haram atau dilarang. Meskipun mengani persoalan tersebut tidak ada hadits atau dalil yang membahasnya secara langsung, namun terdapat ijtihad yang tidak memperbolehkan wanita menjulurkan lidahnya, dikarenakan manusia adalah makhluk yang berakal, jadi tidak sepantasnya mereka meniru perilaku suatu hewan atau suatu kaum.
    Ada beberap alasan mengapa islam melarang umatnya yaitu kaum muslimin dilarang menjulurkan lidahnya keluar dari mulut saat berfoto atau tidak sedang berfoto, alasan pertama yaitu

  1. Hal tersebut menyerupai anjing
  2. Anjing menjulurkan lidahnya karena haus
  3. Anjing menjulurkan lidahnya karena panas
  4. Anjing menjulurkan lidahnya karena ingin bersetubuh dengan lawan jenisnya.

    Dan Rasulullah SAW. pun telah bersabda mengenai orang-orang yang menyerupai perilaku suatu kaum. Rasulullah SAW. bersabda :
“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk golongan mereka.” (HR. Abu Dawud)
Wanita dilarang menjulurkan lidah bukan tanpa alasan, dalam Islam wanita tidak diperbolehkan menjulurkan lidah,
Firman Allah SWT :
    “Dan bacakanlah (Muhammad) kepada mereka, berita orang yang telah Kami berikan ayat-ayat Kami kepadanya, kemudian dia melepaskan diri dari ayat-ayat itu, lalu dia diikuti oleh setan (sampai dia tergoda), maka jadilah dia termasuk golongan orang-orang sesat. Dan sekiranya Kami menghendaki niscaya Kami tinggikan (derjat)nya dengan (ayat-ayat) itu, tetapi dia cenderung kepada dunia dan mengikuti keinginannya (yang rendah), maka perumpamaannya seperti anjing, jika kamu menghalaunya dia akan menjulurkan lidahnya dan jika kamu membiarkannya dia tetap menjulurkan lidahnya. Demikianlah perumpamaan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami. Maka ceritakanlah kisah-kisah itu agar mereka berfikir. Sangat buruk perumpamaan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, dan mereka itu telah berbuat zhalim kepada dirinya sendiri.” (Q.S. Al-A’raaf: 175-177)

Dalam firman allah tersebut sudah jelas bahwa kaum hawa yang menjulurkan lidah di Haramkan dan hal tersebut mempunyai makna tersebut menggoda atau meminta disetubuhi. Dan dijelaskan bahwa orang yang menjulurkan lidahnya merupakan perumpamaan bagi orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah, dan perumpamaan tersebut merupakan perumpamaan yang sangat buruk.

    Jika demikian, apa bedanya? Mohon kepada para gadis, apalagi yang berjilbab.. perhatikan foto selfimu.. jangan menjulurkan lidahmu.. seperti foto di atas..Jangan mau disamakan dengan anjing.
    Dan supaya diketahui, kebanyakan pria baik-baik melihat foto wanita yang menjulurkan lidah akan sangat sangat risih.. seperti melihat seorang pelacur yang sedang menggoda.
    Nah apabila diantara kita ada yang mengikuti atau menyerupai perilaku seekor anjing, maka bisa dikatakan dia seperti atau bagian dari kaum hewan tersebut, terasa agak kasar memang
    Tapi manusia adalah makhluk yang diberikan akal dan fikiran oleh Allah SWT, apakah pantas manusia mengikuti atau menyerupai perilaku binatang ? tentu sangat tidak pantas apabila manusia mengikuti perilaku binatang yang tidak berakal dan hanya mengandalkan naluri dan hawa nafsunya saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel