Manfaat kulit pisang bagi kesehatan

    Ayokbaca . Kulit pisang adalah kulit buah dari buah pisang. Sebagai salah satu buah yang populer di dunia dengan konsumsi mencapai 145 juta ton per tahun (2011), pisang menghasilkan sejumlah besar limbah.



    Pisang merupakan salah satu buah yang sangat digemarin banyak masyarakat, selain rasanya yang manis buah ini juga sering kali di olah dengan berbagai cara agar menjadi makanan atau cemilan yang lezat. 
    Tahukah anda bahwa kulit pisang selama ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh? Selama ini banyak orang melihat pisang hanya bisa dimanfaatkan dagingnya saja, padahal kulit pisang juga mengandung banyak manfaat. Berikut adalah manfaat kulit pisang bagi kesehatan. 

  • Memutihkan gigi
Manfaat pertama ialah dapat memutihkan gigi dengan cara yang alami dan hemat karena harga yang murah dan mudah untuk didapat. Caranya cukup mudah, gosokan kulit pisang pada gigi selama satu menit setiap harinya selama satu minggu. Setelah itu Anda bisa menggosok gigi tanpa odol. 
  • Membersihkan jerawat
Berikutnya adalah bermanfaat bagi kulit wajah yang memiliki jerawat yang banyak. Caranya, Anda hanya perlu memijatkannya pada wajah atau bagian tubuh lainnya yang berjerawat dengan kulit pisang setiap hari selama lima menit. Pada umumnya, jerawat akan hilang dalam waktu satu minggu.
  • Mengurangi keriput
Kulit pisang juga akan membantu kulit tetap terhidrasi sehingga membantu mengurangi keriput. Anda bisa membuat masker kulit pisang dengan menambahkan kuning telur pada kulit pisang yang ditumbuk. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 5 menit sebelum kemudian membilasnya dengan air.
  • Menurunkan kolestrol
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol adalah meningkatkan asupan serat. Dengan menurunnya kadar kolesterol jahat maka hal itu otomatis akan menurunkan risiko stroke dan jantung. Manfaat kulit pisang bisa Anda gunakan untuk menurunkan kolesterol karena kulit pisang mengandung serat yang lebih larut dan tidak larut daripada buahnya.
  • Membentuk otot
banyak orang tidak sangka adalah kemampuanya untuk membentuk otot. Kalium (dan elektrolit) dalam kulit pisang memiliki kontribusi pada pembentukan otot, metabolisme karbohidrat, dan pengaturan keseimbangan asam-basa di seluruh tubuh.
  • Mencegah kanker
Salah satu bahan makanan yang bisa digunakan untuk mencegah kanker adalah kulit pisang. Kulit pisang kaya antioksidan dan terdiri dari senyawa yang melindungi sel dari ancaman mutasi, yang biasanya menyebabkan tumor kanker.
  • Mengecilkan pinggang
Anda yang sedang menjalankan diet, sepertinya Anda harus mendapatkan manfaat kulit pisang. Kulit pisang mengandung kalori rendah dan berlimpah serat serta nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehingga menjadikannya sumber suplemen yang ideal bagi siapa saja yang ingin tetap langsing.
  • Memperkuat sel darah
Sel darah merah mengirimkan oksigen ke jaringan tubuh secara konstan. Kulit pisang termasuk nutrisi yang memperkuat sel darah merah dengan memastikan distribusi oksigen dan meminimalkan kerusakan sel darah merah.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
Kulit pisang memiliki kandungan yang kaya akan serat. Tingginya kandungan serat dalam kulit pisang membantu menciptakan bakteri probiotik di usus besar. Dengan begitu maka proses detoksifikasi tubuh akan berjalan dan sistem kekebalan menjadi lebih baik.
  • Menyembuhkan luka
tak ada salahnya mendapatkan manfaat kulit pisang. Kulit pisang dipercaya mampu mengobati luka terutama luka akibat cedera. Caranya cukup dengan menggosok kulit pisang ke area luka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel