Artikel Pilihan Pembaca

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK )

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK ) Di kalangan ilmuwan ada keseragaman pendapat, bahwa “ilmu” itu selalu tersusun dari pengetahu...

Cara mempercepat kinerja laptop

    Laptop anda terlanjur lemot saat ingin digunakan dalam beberapa hal ? Terutama pada saat mau digunakan bekerja ? . Simak artikel saya Cara mempercepat kinerja laptop berikut ini adalah cara yang bisa anda coba

    Ada beberapa tips dan trik yang dapat kamu terapkan untuk meminimalkan penggunaan sumber daya yang tidak perlu, sehingga komputer kamu lebih cepat dan super responsif.
  • Uninstal aplikasi
    Kalau kamu memiliki banyak aplikasi didalam laptop kamu segera uninstal aplikasi yang menurut anda tidak terlalu penting dalam kegiatan anda sehari-hari.
    Banyaknya aplikasi pada laptop computer akan membuat kapasitas penyimpanan di Drive C akan penuh dan membuat sistem akan menjadi lama membaca harddisk. Sekarang mulailah menyeleksi aplikasi anda supaya kinerja laptop anda cepat.
  • Nonaktifkan efek animasi
Penyebab lainnya kenapa PC kamu bisa berjalan lambat ialah karena efek visual dan animasi yang meningkatkan beban pada sumber daya sistem. Pada komputer baru, efek visual dan animasi memang tidak menimbulkan dampak besar terkait performa. Namun, di komputer lama menonaktifkan pilihan itu wajib hukumnya.
  • Gunakan Amtivirus
Virus pada sebuah alat elektronik salah satu penyebab lemotnya kinerja pada suatu system elektronik. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas gunakan aplikasi yang sangat penting dalam kegiatan sehari-hari termasuk antivirus yang sangat penting, lakukan scan pada laptop anda setiap hari.
    Ketahuilah tentang spesifikasi laptopmu. Hal ini berguna untuk memasangkan aplikasi sesuai dengan spesifikasi prosesor dan RAM yang dimiliki laptop computer. Jika terlalu memaksakan set up aplikasi, padahal laptop computer tidak mampu menampung atau menerima, maka siap-siap saja laptop computer menjadi lemot.
  • Berishkan desktop
Menaruh banyak aplikasi di menu desktop merupakan salah satu penyebab lemotnya kinerja pada suatu sistem elektronik. Selain itu, pastikan juga untuk mengawasi aplikasi yang berjalan ketika laptop computer sedang dalam aktivitas starup.
    Usahakan jangan terlalu banyak aplikasi yang berjalan, karena ini akan menjadi penyebab laptop computer lemot. Sebab aplikasi tersebut menjadi working in background, yang diam-diam memakan kapasitas RAM.
  • Tingkatkan kapisitas RAM
Cara lain adalah dengan cara meningkatkan kapisitas RAM pada laptop anda tetapi saat ingin upgrade kapisitas RAM anda harus hati hati dan jangan sampai salah pilih. Berikut adalah hal yang wajib anda ketahui sebelum anda menambah kapisitas ram pada laptop anda perhatikan spesifikasi RAM (RAM DDR3, atau RAM DDR3L, serta RAM DDR4) dan juga kapasitas maksimal RAM yang bisa diaplikasikan pada laptop computer.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel