Advertiser

Sikap tanggung jawab dalam pengembangan IPTEK

Sikap tanggung jawab dalam pengembangan IPTEK
    Bagaimana juga , manusia hidup didunia ini tidak dapat melepaskan diri dari kemajuan IPTEK. dengan IPTEK, hidup manusia akan dipermudah. Agar tidak menimbulkan permasalahan dan dampak negatif . Manusia perlu memiliki tanggung jawab etis di dalam mengembangkan dan menerapkan IPTEK . bagi bangsa indonesia didalam mengembangkan dan menerapkan iptek perlu mengingat landasan idealnya , yaitu pancasila dan landasan konstitusionalnya yaitu UUD NKRI Tahun 1945. dalam kaitannya dengan pancasila terutama sila ketuhanan yang maha esa.


Pendapat lainnya mengenai pengertian teknologi diungkapkan oleh Miarso (2007) yang mengungkapkan bahwa “teknologi merupakan suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah”. Proses yang berjalan tersebut dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu, dimana produk yang dihasilkan tidak terpisah dari produk lain yang telah ada. Lebih lanjut disebutkan pula bahwa teknologi merupakan suatu bagian dari sebuah integral yang terdapat di dalam suatu sistem tertentu.

Dari beberapa definisi IPTEK diatas, penulis menyimpulkan bahwa Ilmu dan Pengetahuan Teknologi itu merupakan sebuah metode praktis yang diciptakan oleh manusia dan dapat digunakan untuk menciptakan sesuatu yang berguna dan bisa digunakan secara berulang kali. Penggunaan IPTEK sendiri, dikalangan remaja sangat naik peringkat, baik teknologi informasi, mesin dan industri, maupun teknologi komputer. Hal ini sangat mengacu pada pengaruh perkembangan negara. Kementerian Komunikasi dan Informatika  menyatakan, pengguna internet di Indonesia hingga saat ini telah mencapai 82 juta orang. Dengan capaian tersebut, Indonesia berada pada peringkat ke-8 di dunia. (Kemkominfo RI) Dari jumlah pengguna internet tersebut, 80 persen di antaranya adalah remaja berusia 15-19 tahun. Untuk pengguna facebook, Indonesia di peringkat ke-4 besar dunia. Perkembangan teknologi saat ini bagaikan dua mata pisau yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari semua elemen.

    Tuhan yang maha kuasa menciptakan alam semesta untuk kemaslahatan umat manusia . menyadari jenyataan ini , setiap manusia indonesia di dalam mengembangkan dan menerapkan iptek sudah selayaknya mengingat ajaran dan perintah tuhan .

Baca Juga 10 Upaya Dan Cara Mengatasi Pengangguran Teknologi

    Dari amanat UUD NRI Tahun 1945 jelas bahwa pengembangan dan pemanfaatan IPTEK untuk meningkatkan kecerdasan dan kesejatraan rakyat secara lahir dan batin , itu semua harus mempertimbangkam kondisi yang ada dan memanfaatkan IPTEK Diindonesia tidak bebas nilai tetapi harus mempertimbangkan ligkungan dan nilai nilai sosial budaya kemasyarakatan dan agama yang ada di indonesia.

Baca juga Pengaruh kemajuan iptek terhadap NKRI

    Usaha pengembangan dan pemanfaatan IPTEK, setiap manusia indonesia harus memiliki kearifan dan berpegang pada prinsip moral . Dengan demikian pemanfaat iptek dalam kegiatan pembamgunan tidak akan merusak lingkungan hidup, akan tetapi kalau iptek dimanfaatkan tanpa kearifan dan tidak dengan pertimbangan moral , kecenderungan untuk merusak lingkungan lebih besar.

Baca Juga Sikap selektif terhadap pengaruh kemajuan iptek

    Sebagai contoh dinamit dan bahan peledak dimanfaatkan untuk mencari dan menangkap ikan , hal ini justru akan merusak habitat lingkungan mereka  yang mengakibatkan kepunahan.
    Sikap yang harus kita ambil adalah sebagai berikut .
  • Pengembangan harus memperhatika etika juga . 
  • Pengembangan harus memperhatikan aspek aspek lingkungan juga .
  • Pengembangan harus memperhatikan nilai guna iptek dalam kemaslahatan
    perwujudan dari sikap yang bertanggung jawab dalam proses pengembangan IPTEK adalah sebagai berikut:.
  • Pengembang harus memperhatikan etika pengembangan IPTEK.
  • Pengembang harus memperhatikan nilai guna IPTEK terhadap kemaslahatan masyarakat untuk kepentingan bersama.
  • Pengembang harus memperhatikan aspek-aspek pelestarian lingkungan dengan mengembangkan IPTEK yang tidak merusak alam.
Mengapa IPTEK sangat penting bagi bangsa indonesia? Karena dgn adanya iptek masyarakat indonesia semakin maju dan berkembang sehingga tidak tertinggal oleh negara maju lainnya

Semua permasalahan tersebut, harus mendapat penanganan serius agar dampak negatif dari internet dapat diminimalkan. Tidak bisa dipungkiri bahwa di balik manfaat internet, juga menimbulkan banyak mudarat dan dampak yang mengkhawatirkan. Bengan semakin berkembangannya IPTEK itu sendiri, sehingga menimbulkan efek negatif dan positif, seperti :

Sisi negatif Perkembangan IPTEK:
  1. Dapat merusak moral, dimana Internet menjadi media IPTEK yang dapat mempengaruhi moral dari seseorang. Seperti halnya  konten yang berbau negatif dan yang lainnya.
  2. Dapat menimbulkan polusi. Perkembangan IPTEK yang semakin pesat dan banyak dimanfaatkan. Akan tetapi disamping itu banyak sekali polusi pencemaran yang dihasilkan dari perkembangan IPTEK itu sendiri.
Sisi Positifnya Perkembangan IPTEk :
  1. Dapat meringankan berbagai masalah yang dihadapi oleh manusia.
  2. Dapat membuat segala sesuatunya menjadi lebih cepat dan mudah.
  3. Dapat mengurangi pemakaian bahan-bahan alami yang semakin kesini semakin langka.
  4. IPTEK juga membawa manusia kearah lebih maju dan moder

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel