Advertiser

Pola hubungan internasional yang dibangun oleh negara indonesia

Pola hubungan internasional yang di bangun indonesia
    Hubungan internasionL merupakan kegiatan interaksi manusia antar bangsa dan negara , baik secara individual maupun secara kelompok . secara sederhana para ahli hukum mengartikan hubungan internasional antar kelompok; antar negara , Adapun sifat hubungan antar bangsa dapat berupa persahabatan ataupun permusuhanb, persengketaan dan peperangan. Pengertian hubungan internasional menurut buku rencana strategi pelaksanaan politik luar negeri RI (RENSTRA) adalah hubungan antar bangsa dalam segala aspeknya yang dilakukan oleh suatu Negara untuk mencapai kepentingan nasional negaranya.

Makna hubungan internasional
    Hubungan internasional adalah proses interaksi manusia yang terjadi antar bangsa untuk mencapai suatu tujuan tertentu . Hubungan ini biasa berupa interaksi antar individual ( misalnya : turis , mahasiswa , pekerja asing ) atau hubungan antar negara ( misalnya : hubungan perdagangan antar negara ) semua ini dilatar belakangi oleh kesadaran bahwa semua negara tidak akan mungkin bisa memenuhi kebutuhannya sendiri dan akan selalu membutuhkan negara lain .


   Hubungan internasional merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kerja sama antar sebuah negara didunia . Hubungan internasional juga mengkaji masalah politik luar negeri dan politik internasional . Perbedaan hubungan internasional dengan kedua konsep ini adalah bahwa dua konsep yang yang terakhir hanya mengkaji sektor negara dalam negeri. Dalam politik luar negeri , negara dipandang sedang memperjuangkan kepentingan didalam hubungabnya dengan negara (atau beberapa negara lain ) secara otomatis pula , jika suatu hubungan dilakukan satu negara terhadap negara lain , maka ia pasti melewati batas yuridikasi wilayah masing" . Dalam aktifitas politik luar negeri suatu negara memiliki tujuan , cara mencapai tujuan , cara mengelola sumber daya alam agar ia dpt bersaing dengan aktor aktor negara lain


  • Politik luar negeri adalah seperangkat cara yang dilakukan oleh suatu Negara untuk mengadakan hubungan dengan Negara lain dengan tujuan untuk tercapainya tujuan Negara serta kepentingan nasional Negara yang bersangkutan.
  • Hubungan luar negeri adalah keseluruhan hubungan yang dijalankan oleh suatu Negara dengan semua pihak yang tidak tunduk pada kedaulatannya.
  • Politik internasional adalah politik antarnegara yang mencakup kepentingan dan tindakan beberapa atau semua Negara, serta proses interaksi antarnegara maupun antarnegara dengan organisasi internasional
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel