Popular Posts

Pengertian Seni Kaligrafi

Kaligrafi ( Thatt )
    Kaligrafi adalah seni lukis yang berkemvang dalam islam dengan menggunKn huruf arab sebagai materi . walaupun tulisan arab dalam islam bentuknya sederhan telah dikenal sebelum islam . tetapi ditangan orang islamlah tulisam tsb mengalami perkembangan pesat dengan digunakannya sebagai medium tulisan utama untuk penyebaran agama islam .

    Tulisan arab kelihatannya merupakan produk budaya dalam masyarat arabia . hal ini menjadi lebih jelas diperhatikan bahwa studi paleografi tentang tulisan tulisan kunonyang digunakan di sekitar arabia termasuk nabatia . siria dan mosopotamia tidak menunjukkan adanya hubungan yang jelas dengan tulisan arab bahkam tulisa arab berasal dari tulisan nabatiah telah di bantai oleh pakar'pakar paleografi tentang nabatia . memang sulit untuk menentukan lokuz yang tepat baik Hirah.  mekkah maupun kawasan yaman ssbagai tempat perkembangan tulisan arab dini .
    Kedatangan islam mendorong perkembangan tulisan arab sejak awal nabi telah menyadari pentingnya perekaman wahyu Qur'an dalam naskah . tentunya para naskah yang di kerjakan para pungkitnya didalam mekkah adalah bertuliskan arab .
    Sepeninggal nabi pengunaan tulisan arab mengalami kemajuan pesat . terutama di tulisan teks agama dan berlakunya bahasa arab sebagai bahasa asministrasi diseluruh wilayah kekhalifaan umayyah kelima . Disekitar masa abad pertama Hijrah . tulisan arab sudah memiliki pembeda antara huruf ba' ta ' dan sa . kemudian tanda vokal fatha . dommah . dan kasrah bahkan pada masa pemerintahan walid bin abdul malik (715/96H) semacam kaligrafi arab awal telah muncul dengan tulisannya sebagai kutipan berhuruf arab awalntelah muncul dengan tulisan berbagai kutipan berhuruf arab pada dinding Qubbat as sahra di Rait al Maqdis yang meggah itu
    Contoh kaligrafi yang ada di indonesia seperti makam makam yaitu :

  1. Makam Maulan Malik Ibrahim tahun 1419M Gresik Jawa Timur
  2. Nisan Makam Sultan Malik As Salih di samudra pada tahun 1297M kabupaten aceh
    Contoh masjid kuno yang ada diindonesia dengan corak islam yang sangat kuat
  1. Masjid Demak
  2. Masjid Agung Banten
  3. Masjid Kudus
  4. Masjid di Aceh
  5. Masjid di pulau penyengat Riau

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Seni Kaligrafi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hubungi Kami